Home » , » Kue Kacang Hijau

Kue Kacang Hijau

Written By titus kraksaan online on Monday, June 14, 2010 | Monday, June 14, 2010

Kesibukan begitu jelas terlihat di rumah itu. Seorang pekerja sedang memasukkan kue ke toples. Beberapa sedang asyik mencetak adonan kue sembari bercanda dengan pekerja yang lain. Dan sebagian yang lain sibuk dengan tugasnya masing-masing.
Rutinitas inilah yang bisa kita jumpai setiap harinya di UD Sari Bumi Besuk. Menurut pemiliknya Setiap hari, produksi kue kacangnya bisa mencapai 90 toples. Dalam satu toplesnya berisi 25 buah kue yang dipasarkan dengan harga Rp500.
secara rinci bagaimana proses pembuatannya. Bahan-bahan yang diperlukan tidaklah banyak: tepung terigu, kacang hijau, gula pasir, air, dan garam dapur. Pertama-tama tepung terigu diadon secara manual alias menggunakan tangan.

Hasil adonan tersebut nantinya digunakan sebagai pembungkus selai kacang. Kacang hijau yang telah dipilih direbus hingga matang.

Biasanya membutuhkan waktu selama 2 jam. Setelah direbus, kacang hijau kemudian digiling. Selanjutnya hasil gilingan dimasukkan ke wajan berukuran besar untuk dimasak. “Proses ini kami sebut didodol, Karena memang cara masaknya yang sama dengan proses pembuatan dodol,”

Pendodolan memerlukan waktu sekitar 3 jam lamanya. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan air yang berasal dari kacang hijau hingga benar-benar kering sehingga selai yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan tahan lama.

Setelah adonan dan selai kacang sudah siap, barulah ke tahap pencetakan. Pencetakan dilakukan dengan menggunakan tangan. Meskipun menggunakan tangan, untuk tetap menjaga kualitas kebersihannya. Untuk bagian pencetakanAdonan yang telah siap dicetak, dimasukkan ke oven yang terbuat dari aluminium. Lama memasaknya sekitar 15 menit dengan suhu panas 90 derajat celcius. Suhu tidak boleh terlalu tinggi karena hasil kue bisa kurang bagus. “Di luar tampak matang, tapi tidak bagian dalamnya,” ungkap Nanang. Setelah matang, kue-kue tersebut

didinginkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke toples. Hal ini dimaksudkan agar kue tidak lembab dan bisa bertahan hingga 2 minggu lamanya.
Kue kacang hijau UD Sari Bumi bisa didapatkan di kedai-kedai kecil maupun grosir yang ada di daerah Kabupaten Probolinggo.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda
Bersama membangun kabupaten probolinggo

Next Back Home