Home » » Pertama Kali, Pemberangkatan CJH dari Miniatur Ka’bah

Pertama Kali, Pemberangkatan CJH dari Miniatur Ka’bah

Written By Admin on Thursday, November 18, 2010 | Thursday, November 18, 2010



Untuk pertama kalinya, Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Probolinggo diberangkatkan dari Wisata Religius Miniatur Ka’bah Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Minggu (7/11). Pemberangkatan secara resmi dilakukan oleh Bupati Probolinggo Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si yang saat itu didampingi oleh Ny. Hj. Tantri Hasan Aminuddin, SE.

Turut hadir dalam acara pemberangkatan tersebut, Wakil Bupati Salim Qurays, S.Ag dan Ny. Fatimah Salim Qurays, Kapolres AKBP Zulfikar Tarius, Wakil Ketua DPRD Timbul Prihanjoko beserta beberapa anggota DPRD, Kasdim 0820 Probolinggo Mayor Inf. Agus Wahyudi dan anggota DPRD Propinsi Jawa Timur Hasan Irsyad.

Nampak pula Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ibrahim Muhammad, Asisten Administrasi Anung Widiarto, Kepala Disbudpar Tutug Edi Utomo, Kepala Dinas Pendidikan Supanut dan Kepala Bakesbangpol & Linmas Suparwiyono serta beberapa kepala satuan kerja dan Camat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Suasana sekitar Miniatur Ka’bah hingga Wisata Pantai Bentar yang memang bertetangga menjadi semakin ramai dengan kehadiran ribuan pengantar yang sudah memadati lokasi sejak pagi hari.

Meskipun demikian, secara umum arus lalu lintas cenderung lancar berkat kesigapan petugas dan kesadaran para pengantar calon haji dalam mematuhi ketentuan yang ada.

Pada sambutannya Bupati Hasan menegaskan bahwa pemberangkatan CJH siang itu merupakan sejarah sebab diberangkatkan dari bumi Kabupaten Probolinggo dan pertama kali dilakukan di Miniatur Ka’bah. Pemberangkatan tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan di Makodim 0820 yang berlokasi di wilayah Kota Probolinggo.

”Pemberangkatan dari tempat ini juga membawa berkah bagi masyarakat sekitar dan pedagang Kabupaten Probolinggo yang memperoleh tambahan rezeki hari ini”, ujarnya.

Tak lupa Bupati Hasan menyampaikan terima kasih atas kesigapan petugas dan kesadaran para pengantar calon haji untuk menjaga ketertiban, termasuk parkir kendaraan sehingga arus lalu lintas relatif lancar.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Hasan mengajak untuk mendo’akan para CJH yang berangkat hari itu. “Mari kita do’akan saudara-saudara kita yang memenuhi panggilan Allah agar sehat dan selamat selama berada di tanah suci hingga pulang nanti”, ajaknya.

Sebelum berkumpul dan diberangkatkan dari Miniatur Ka’bah, para calon jamah haji berangkat dari enam titik pemberangkatan sesuai daerahnya masing-masing. Keenam titik tersebut adalah halaman masjid Ar Rohmah Kecamatan Leces, halaman masjid Ar Royyan Kecamatan Tongas, halaman masjid Sunan Ampel Gending, halaman masjid Baitur Rohmah Maron, halaman Masjid Agung Ar Raudloh Kraksaan dan halaman masjid Baitur Rohman Paiton.

Berdasarkan data terakhir dari Kantor Kemenag, jumlah calon jamaah haji Kabupaten Probolinggo yang berangkat ke tanah suci sebanyak 714 orang yang terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter) yakni kloter 84 dan kloter 85

Kloter 84 dijadwalkan memasuki asrama haji pukul 15.00 WIB dan kloter 85 pukul 16.00 WIB. Penerbangan CJH dari Bandara Juanda Surabaya ke Arab Saudi akan di lakukan keesokan harinya. Untuk kloter 84 akan take off pukul 19.00 WIB, sedangkan untuk kloter 85 menyusul pukul 22.00 WIB.

Menurut rencana, jamaah haji Kabupaten Probolinggo yang tergabung dalam kloter 84 akan kembali ke tanah air tanggal 18 Desember pukul 22.30 WIB dan kloter 85 dijadwalkan tiba tanggal 19 Desember pukul 00.30 WIB. (d0d)Reporter : Dody Kasman


sumber :http://www.probolinggokab.go.id/site/index.php?option=com_content&task=view&id=4666&Itemid=1

Kraksaan online memberikan hak bagi warga kraksaan dan sekitarnya untuk ikut berpartisipasi dalam membagi berita dan foto yang terjadi di sekitar kota kraksaan seperti daerah patokan , semampir , Kandangjati kulon, sidomukti dan kraksaan wetan dan juga tidak menutup kemungkinan daerah daerah se-kabupaten probolinggo mari bersama memajukan kota kraksaan dan kabupaten probolinggo bersama sama kirimkan berita dan foto anda ke e-mail kraxsan.online@gmail.com trima kasih
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda
Bersama membangun kabupaten probolinggo

Next Back Home