Perpuda Gelar Pelatihan strategi Pengembangan Perpustakaan dan TIK

Penulis : Dimas
Minggu,  26 Maret 2017


Probolinggo,KraksaanOnline.com - Sebanyak 30 orang peserta dari lima desa program replikasi PerpuSeru di Kabupaten Probolinggo, mulai hari ini (26/3/2017) hingga Rabu (29/3/2017) mengikuti kegiatan Pelatihan Strategi Pengembangan Perpustakaan (SPP). Dipandu fasilitor Perpusda, Sdr. Yudo Kurniawan, Dimas Panji Kasih Anggoro, Acy Wijaya.

Adapun kelima desa yang mengikuti pelatihan tersebut diantaranya adalah Desa Alasnyiur Kec. Besuk, Desa Bago Kec. Besuk, Desa Sumberan Kec. Besuk, Desa Krejengan Kec. Krejengan, dan Desa Gading Wetan Kec. Gading. Terdiri dari Ketua Tim Penggerak PKK Desa, Karang Taruna, dan pengelola Perpustakaan Desa.

Program PerpuSeru adalah program pengembangan perpustakaan dengan menggunakan strategi pelibatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Dengan harapan dapat menjadikan perpustakaan sebagai pusat informasi dan pusat berkegiatan masyarakat untuk menjadikan hidup masyarakat menjadi lebih baik.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Perpustakaan Dispersip Kabupaten Probolinggo, Bp. Herli Suefrianto, SH., MM. Dalam sambutannya, Herli berharap kegiatan ini dapat meningkatkan skill kepada peserta untuk mengembangkan perpustakaan di desanya masing-masing. "Saat ini perpustakaan tidak hanya sebagai tempat meminjam buku saja. Akan tetapi Perpustakaan Desa berfungsi sebagai pusat informasi dan kegiatan masyarakat. Informasi apa saja ada di perpustakaan, dan kegiatan apa saja bisa dilakukan di perpustakaan," ungkapnya.

Selain kegiatan Pelatihan SPP, nantinya peserta juga akan mengikuti pelatihan lanjutan berupa Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) selama dua hari, pada tanggal 3-4 April 2017. Disamping itu, masing-masing desa replikasi PerpuSeru ini juga mendapatkan stimulan dari Coca-cola Foundation Indonesia (CCFI) berupa 3 (tiga) unit komputer. Untuk itu, diwajibkan bagi kelima desa tersebut memiliki akses jaringan internet di perpustakaannya.(Mas/DispersipKabProbolinggo)



Post a Comment

1 Comments

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.