Kaum Perempuan Miliki Banyak Kelebihan

Penulis : Ony 
Rabu, 26 April 2017

Probolinggo,kraksaan-online.com – Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si menyatakan bahwa seorang perempuan memiliki banyak kelebihan dan peranan penting dalam mensukseskan perjuangan bangsa meraih kemerdekaan Indonesia. Dan perilaku RA Kartini memiliki pengaruh yang sangat besar kepada kebangkitan bangsa. 

Hal tersebut disampaikan H Hasan Aminuddin dalam kegiatan bertajuk Perempuan Bersholawat yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo dalam rangka memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW, Hari Kartini serta Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakabpro) ke-271 di Pendopo Kabupaten Probolinggo, Selasa (25/4/2017).

“RA Kartini merupakan seorang perempuan pahlawan nasional yang memperjuangkan hak-hak kaum wanita (emansipasi wanita) dengan perjuangannya untuk melepaskan kaumnya dari diskriminasi, berkeinginan dan bertekad dengan penuh rasa ikhlas untuk memajukan wanita bangsa Indonesia,” katanya.

Melalui kegiatan ini, suami Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE ini mengharapkan agar perjuangan RA Kartini menjadi panutan bagi kaum perempuan. “Contoh perilaku-perilaku yang pernah dilakukan oleh RA Kartini untuk mengangkat citra seorang perempuan yang tangguh dan mampu mensuseskan pembangunan di Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Sementara Kepala DPPKB Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yulianto menyampaikan bahwa momentum ini dilakukan dalam rangka pengarusutamaan gender, perlindungan perempuan dan anak. “Dimana tujuannya sebagai wadah untuk membangkitkan inovasi dan kreatifitas kepada para perempuan di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Kegiatan yang diawali dengan penampilan hadrah dari Yayasan Pendidikan Islam Darul Mukhlasin ini dihadiri oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Asisten Administrasi Umum Erlin Setiawati dan pengurus Pimpinan Wilayah (PW) Muslimat NU Jawa Timur sebagai narasumber.

Dalam kesempatan tersebut juga dibacakan inspirasi (riwayat RA Kartini), seorang perempuan pahlawan nasional yang dikenal karena jasa-jasanya dalam memperjuangkan hak-hak kaum wanita (emansipasi wanita) oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DPPKB Kabupaten Probolinggo Amalia Etiq Primahayu.

Tidak hanya itu, Perempuan Bersholawat ini juga diisi dengan istighotsah yang dipimpin Hj. Saudah dan Hj. Nurhayati. Dilanjutkan dengan pembacaan salah satu surat Kartini sekaligus pemotongan tumpeng oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko yang diserahkan kepada Kepala DPPKB dr. Anang Budi Yulianto. (y0n/why)
 

Post a Comment

0 Comments