Belajar dari Kisah Tsa'labah

Kajian online ramadhan 2017

Minggu 28 Mei 2017

Foto : Ilustrasi


Kraksaan-Online.com. Kita tahu bahwa di dunia ini kita tak bisa hidup tanpa adanya usaha, bekerja keras, ulet, tekun dan penuh keyakinan. Seperti yang sering dikatakan oleh para trainer bahwasanya keyakinan akan kesuksesan menjadi modal awal untuk hidup sukses.

Namun pernah kita menyadari saat keberhasilan itu sudah ada di genggaman tangan, kesuksesan itu telah nampak di depan mata, bahkan mampu kita rasakan aura magis dari raihan mimpi itu sendiri; sudahkah kita yakin bahwanya semua itu semata-mata atas kehendak Allah Subhanahu wa Ta'ala? Sudahkah merasa yakin bahwasanya itu semua merupakan titipan dari-Nya?

Dikisahkah, siang itu, Rasulullah sedang sholat berjamaah di Masjid bersama para sahabat Beliau. Diantara jamaah, terlihat seseorang dengan pakaian lusuh dan rambutnya kusut. Ia dikenal sebagai sahabat Rasulullah yang tekun beribadah. Namun anehnya, setelah berjamaah dengan Rasulullah, ia langsung bergegas meninggalkan masjid dan tergesa-gesa keluar. ( BACA;Semangat Dari Awal Hingga Akhir Ramadhan )

Melihat itu, Rasulullah pun menegurnya : "Tsa'labah! Mengapa engkau tergesa-gesa pulang? Tidakkah engkau berdoa terlebih dahulu? Bukankah tergesa-gesa keluar dari Masjid adalah kebiasaan orang-orang munafik?". Tsa'labah lantas menghentikan langkahnya. Ia malu dilihat oleh sahabat yang lain, terlebih mendapat teguran dari Rasulullah. Apa boleh buat, ia pun berterus terang kepada Rasulullah.

"Wahai Rasulullah, kami hanya punya sepasang pakaian untuk sholat dan sekarang istriku dirumah belum melaksanakan sholat sebab menunggu pakaian yang aku kenakan ini. Pakaian ini kami gunakan secara bergantian ya Rasulullah. Kami sangat miskin. Untuk itu, wahai Rasulullah jika engkau berkenan, doakanlah kami agar Allah menghilangkan semua kemiskinan kami dan memberi rezeki yang banyak."

Rasulullah tersenyum mendengar penuturan Tsalabah, lalu beliau berkata : "Tsalabah sahabatku, engkau dapat mensyukuri hartamu yang sedikit, itu lebih baik daripada engkau bergelimang harta tetapi engkau menjadi manusia yang kufur."

Nasehat Rasulullah sedikit menghibur hati Tsalabah, karena sesungguhnya yang ada dalam benaknya adalah ia sudah bosan menjalani hidup yang serba kekurangan. Satu-satunya cara agar cepat menjadi kaya adalah memohon doa kepada Rasulullah, karena doa seorang utusan Allah pasti didengar Allah. Itulah yang selalu menjadi angan-angan Tsalabah, hingga keesokan harinya ia kembali menemui Rasulullah dan memohon agar beliau mau medoakannya agar menjadi orang kaya.

Rasulullah kembali menasehati, Wahai Tsalabah.. Demi Dzat diriku berada di tanganNya. Seandainya aku memohon kepada Allah agar gunung Uhud menjadi emas, Allah pasti mengabulkan. Tetapi apa yang terjadi jika gunung Uhud benar-benar menjadi emas, masjid-masjid akan sepi!. Semua orang akan sibuk menumpuk kekayaan dari gunung itu! Aku khawatir jika engkau menjadi orang kaya, engkau akan lupa beribadah kepada Allah..

Tsalabah terdiam mendengar nasehat Rasulullah namun dalam hatinya terkecamuk, "Aku mengerti Rasulullah tidak mau mendoakan karena beliau sayang kepadaku. Beliau khawatir jika aku menjadi orang kaya, aku akan menjadi golongannya orang-orang yang kufur. Tetapi aku tidak seburuk itu, justru dengan kekayaan yang kumiliki aku akan membela agama ini dengan hartaku."

Akhirnya Tsalabah pulang. Ia merasa malu apabila terus memaksa Rasulullah agar mau mendoakannya. Namun keesokan harinya ia tidak kuasa menahan dorongan hatinya untuk segera terbebas dari belenggu kemiskinan yang kian menghimpitnya. Ditemuinya Rasulullah, ia memohon untuk yang ketiga kalinya agar Rasulullah mau mendoakannya. Kali ini Rasulullah tidak bisa menolak keinginan Tsalabah, beliau mengadahkan tangan ke langit. "Ya Allah Limpahkanlah rejekiMu kepada Tsalabah."

Kemudian Rasulullah memberikan kambing betina yang sedang bunting kepada Tsalabah. "Peliharalah kambing ini baik-bai. pesan Rasulullah. Tsalabah pulang membawa kambing pemberian Rasulullah dengan hati yang berbunga-bunga. Dengan modal kambing serta doa Rasulullah, aku yakin aku akan menjadi orang yang kaya raya.

Hari berganti hari, bulan berganti bulan, Tsalabah yang dulu miskin dan lusuh telah berubah menjadi orang kaya yang terpandang. Kambingnya berjumlah ribuan. Disetiap lembah dan bukit terdapat kambing-kambing Tsalabah. Pagi itu Tsalabah berjalan-jalan meninjau kandang-kandang kambing yang sudah tidak sesuai dengan jumlah kambing yang terus berkembang biak.

"Hmm.. Aku harus pindah dari sini, mencari lahan yang lebih luas untuk menampung kambing-kambingku." Akhirnya Tsalabah menemukan lahan yang luas di pinggiran madinah. Di sana ia membangun kandang-kandang baru yang lebih besar. Namun demikian perkembangan kambing-kambing Tsalabah bagaikan air bah yang sulit di bendung. Kandang-kandang yang baru dibangun itu pun sudah penuh sesak oleh ribuan kambing. Dengan demikian setiap hari Tsalabah disibukkan mengurus harta kekayaannya. Ia yang dulu setiap sholat lima waktu selalu berjamaah di masjid, sekarang hanya datang ke masjid pada waktu sholat Dzuhur dan Ashar saja.

Kini kandang-kandang yang baru dibangun Tsa labah di pinggiran Madinah sudah tidak lagi memenuhi syarat. Maka ia memutuskan untuk mencari area yang lebih luas lagi. Tentu saja area yang masih sangat luas itu berada jauh di luar Madinah. Tsalabah sudah tidak memikirkan lagi bagaimana ibadahnya bila jauh dari Madinah. Kepalanya sudah dipenuhi dengan hubbuddunya, hingga ia datang ke masjid hanya seminggu sekali yaitu pada waktu sholat Jumat. Dengan semakin derasnya harta yang mengalir dirumah Tsalabah, kini ia lebih senang tinggal dirumah daripada jauh-jauh datang ke masjid, bahkan sholat Jumat pun ia tidak datang ke masjid!

Sampai Rasulullah bertanya-tanya : Wahai sahabatku, sudah sekian lama Tsalabah tidak kelihatan di masjid. Tahukah kalian bagaimana keadaannya sekarang? Jawab para sahabat : Wahai Rasulullah, Tsalabah sudah menjadi orang kaya. Lembah-lembah di Madinah maupun diluar Madinah, telah penuh sesak dengan kambing-kambing Tsalabah.

Itulah kisah Tsa'balah, yang lupa dengan keesaan Allah. Ia lupa bahwa ia pernah berkata bahwasanya jika dia kaya maka akan menyedekahkan hartanya, jika ia kaya ia akan lebih rajin dalam beribadah, namun setelah Allah memberikan dunia kepadanya, lantas ia lupa dengan-Nya. Bahkan sholat pun hanya pada saat Sholat jumat saja, seminggu sekali. Dan begitu seterusnya hingga Rasulullah pun wafat. 

Inilah yang dinamakan Qalbun Mutakabbir, yaitu hati yang dipenuhi dengan kesombongan, tidak taat kepada perintah Allah, dan serta merta berbuat zalim. Allah tegaskan hal ini dalam surah Al-Mumin ayat 36 yang artinya : (Yaitu) orang-orang yang memperdebatkan ayat-ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada mereka. Amat besar kemurkaan (bagi mereka) di sisi Allah dan di sisi orang-orang yang beriman. Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yang sombong dan sewenang-wenang. 

Itulah sifat seseorang yang mencintai dunia, hubbud dunya. Kita jarang banget melihat bahwa dunia ini adalah ladang untuk membawa bekal kita ke akhirat nantinya. Pada saat diajak untuk iuran untuk mengadakan pentas seni, kita berlomba-lomba untuk gede-gedean biar acaranya meriah. Tapi giliran diajak untuk sedekah, ngeluarin zakat, --- Cuma sekedarnya saja, cukup 2.5 % yang kita beri untuk Allah. Beginikah sifat kita? Sama halnya seperti tsalabah. Bagaimana di Ramadhan ini?

Kajian Online Ramadhan 
Ustadz Luqman Abdurrahman Shaleh 

COMMENTS

Baca Berita Lainnya

Name

Accesoris blog,1,adventure,11,agenda,1,alat dapur,1,ANEH,6,aneka masakan,6,aneka wisata kuliner,1,Antivirus,2,area publik,3,artikel,4,AWARDS,4,ayam,1,bahan pokok,9,bakso,2,balai kesehatan,7,Banner Link,3,Batik,1,BAZNAS,2,bbc kota probolinggo,2,Berita,4,berita kiriman pembaca,1,Berita kraksaan,1274,Berita kraksan,11,Berita krkasaan,19,Bidang Informasi IT,6,bisnis blog,2,Blog Hack,34,bordir,4,browser,1,budaya,11,buku tamu,1,bupati,57,cara membuat link,1,cara pasang Kotak Pencarian Google WebSearch,1,chatting,1,Cursor,1,d3,4,Disclaimer,1,DPRD Probolinggo,2,DUKUNGAN,1,ekonomi,308,EMOTICON,5,es jus,1,event,1,Facebook,1,fashion,5,Fasilitas kraksaan,39,film,1,foto,1,Free Fox,4,gadget,21,ganti template,1,gaya hidup,35,GOOGLE,5,Google WebSearch,1,gresik,1,Guestbook Gratisan,1,Gunung Bromo,3,Hack Billing Warnet,1,Hack Joomla,1,HACKING,10,hand phone,1,HAPPY,2,Hiburan,36,hotel,3,hotnews,175,ikan asin,1,ikan dan aquarium,1,iklan,8,info iklan,1,info lowongan kerja,1,internasioanl,2,internasional,33,internasional peristiwa,1,islam,1,jajaran staff,1,jasa,1,jasa pembuatan web murah,1,jasa warnet,3,JMF,2,job market fair,1,jualbeli komputer,9,jurnal warga,112,kajia online ramadhan,1,kajian online,2,kajian online ramadhan,23,Kamus,1,Kantor Polisi,1,keagamaan,3,Kecelakaan,99,Kerajinan,25,kesehatan,171,kesehatan.,1,Kode-kode Warna,1,Komunitas,5,Kotak blogroll,3,KPU,7,kraksaan,21,kraksaan info,1,kraksaan kuliner,2,krilkriminal,1,kriminal,473,kuliner nusantara,1,kuminitas,1,Kumpulan Widget,1,Kupu-kupu,1,lalapan,2,lembaga kursus,1,lokasi atm,1,Loker,743,Loker lowongan kerja,1,Loker. lowongan kerja,1,Loket,2,lowong kerja,1,lowongam kerja,4,lowongan kerja,347,lucu,1,makanan,19,Makna Tidur,1,mania community,1,Marquee,7,Masjid,1,media siber,1,Memasang Icon Back Top,1,Memasang Satus Online Di Blog,1,membahas hacking,4,mie ayam,1,Minuman,9,Most popular downloads,4,MUI Kabupaten Probolinggo,1,Multimedia,4,musik,1,My Award,2,My Diary,3,Naik Kelas,1,nasi dan mie goreng,2,nasi jagung,1,Nasioanl,1,Nasional,101,Objek Wisata,76,olah raga,109,Optik kaca mata,1,organisasi,56,paiton,1,pajarakan,1,pakuniran,1,pande besi,1,Panduan Blog Pemula,7,pantura,36,pasar,34,pasar buah,1,pasuruan,15,PAVING dan BAHAN BANGUNAN,1,Pembangunan,7,pemerinrahan,1,pemerintaha,1,pemerintaham,4,pemerintahan,457,pendidika,1,pendidikan,334,penerintahan,2,PENGETAHUAN INTERNET,54,penginapan,2,pengumuman,4,Perbankan,1,percetakan,8,perisitiwa,5,peristiwa,410,peristiwa dan kriminal,42,perlengkapan musik,1,perpus kraksaan,2,perpusdes,1,perpustakaan probolinggo,2,persewaan cd,1,photo,1,Pindah Alamat,1,politik,124,Polres Probolinggo,4,pom bensin,2,pondok,4,problinggo,2,probolingggo,5,probolinggo,2117,probolinggo kota,1,produk lainnya,9,produk ukm,5,profil kraksaan,2,profile,254,ptobolinggo,1,pusat oleh oleh,3,Radio Siar,3,ramadhan,28,Read More,5,Rokok,1,rumah makan,1,rumah sakit,13,rumahsakit,1,s1,4,sablon,1,sang tokoh,1,satlantas probolinggo,1,Script,3,Script Penutup,1,Sedih,1,selebriti,3,selebriti indonesia,1,Semarak,1,SEO,3,sepak bola,1,serba ramadhan,55,Serba Serbi,7,serbaa ramadhan,1,service,11,service komputer,9,service sepeda atau mobil,1,setting co.cc,1,Shoutmix,1,Slider,87,SMA,12,smkn 1 kraksan,2,Software,10,Soosial,1,Sosial,198,soto,1,souvenir,101,staff Admin,1,Susu Sapi,2,tambal ban,2,tampar,1,Tanya Jawab,1,Teknologi,65,Tempat Nongkrong,9,Template,1,Template 2 kolom,1,Template 3 kolom,1,Template magazin 4 kolom,1,Template skull,2,tentang kami,1,Tentang Textarea,4,Ternak,1,tinju,1,tips,3,TIPS - TRIK BLOG,47,Tips Buku Tamu,1,Tips Membuat Daftar Artikel,1,Tips Membuat Judul Blog Bergerak,1,Tips Trik edit HTML,16,tokek,2,Toko Mebel,1,Tongas,1,tradisional,53,travel,3,tribaratanews,1,tribatanews,1,tribeatanews,1,tribratanewa,1,tribratanews,140,Tutorial blog,2,Tutorial Blog Pemula,1,TV online,100,UKM,117,UMKM Probolinggo,4,UNIK,4,video,24,villa,1,viral,1,Virus,1,Warnet,1,warung,17,WIDGET,6,wisata,15,wisata bahari,8,wisata kuliner,29,wisata probolinggo,21,wisata religi,1,wisata sukapura,1,
ltr
item
kraksaan-online[dot]com | Probolinggo | Lowongan Kerja Probolinggo: Belajar dari Kisah Tsa'labah
Belajar dari Kisah Tsa'labah
Kajian online ramadhan 2017
https://3.bp.blogspot.com/-tUb6YzfEcfE/WSrCivx_K8I/AAAAAAAAR38/xLX4A5-mZ9U8kQ7axuRD2TfQ_BXVtra5ACLcB/s640/Kisah%2BAbu%2BHanifah.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-tUb6YzfEcfE/WSrCivx_K8I/AAAAAAAAR38/xLX4A5-mZ9U8kQ7axuRD2TfQ_BXVtra5ACLcB/s72-c/Kisah%2BAbu%2BHanifah.jpg
kraksaan-online[dot]com | Probolinggo | Lowongan Kerja Probolinggo
http://www.kraksaan-online.com/2017/05/belajar-dari-kisah-tsalabah.html
http://www.kraksaan-online.com/
http://www.kraksaan-online.com/
http://www.kraksaan-online.com/2017/05/belajar-dari-kisah-tsalabah.html
true
8301577883959835473
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy