Perpani Gelar Kejuaraan Panahan Antar Pelajar

Penulis : Syamsul
Rabu 24 Mei 2017

Perpani Gelar Kejuaraan Panahan Antar Pelajar


Probolinggo,KraksaanOnline.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakabpro) ke-271, Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Probolinggo bekerja sama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) dan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo menggelar kejuaraan panahan antar pelajar se-Kabupaten Probolinggo, Selasa (23/5/2017).

Kegiatan yang dipusatkan di halaman depan Eks Kantor Bupati Probolinggo di Kecamatan Dringu ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Umum Koni Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disporaparbud Kabupaten Probolinggo I Wayan Riasa Yana serta perwakilan cabang olahraga (cabor) di Kabupaten Probolinggo.

Ketua Pengkab Perpani Kabupaten Probolinggo Samsuri mengungkapkan kejuaraan ini diikuti oleh peserta dari kelompok SD, SMP dan SMA/SMK putra putri se-Kabupaten Probolinggo. Rinciannya, 20 siswa dan siswi SD, 71 siswa dan siswi SMP dan 29 siswa dan siswi SMA/SMK.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan cabor panahan kepada para pelajar di Kabupaten Probolinggo. Sekaligus mencari bibit-bibit atlet olahraga panahan yang berkualitas di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Samsuri, selama ini pengurus Perpani bekerja sama dengan Disporaparbud dan Dispendik telah melaksanakan sosialisasi di sekolah SD dan SMP Taruna Leces. Sampai saat ini atlet yang latihan di SD dan SMP Taruna Leces sejumlah 60 orang siswa. Dalam Kejurda bulan lalu di Surabaya, atlet panahan telah mampu mempersembahkan 1 medali perak dan 1 medali perunggu.

“Mengingat cabor ini masih baru, maka kami akan terus mensosialisasikan ke sekolah-sekolah yang lain. Harapannya ke depan kami ingin mendapatkan atlet berbakat di cabang olaharag panahan,” tegasnya.

Sementara Wakil Ketua Umum Koni Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko meminta agar siswa dan siswi SD, SMP dan SMA/SMK untuk terus semangat dalam menekuni cabang olahraga panahan. Diharapkan nantinya para siswa dan siswi bisa menindaklanjuti kegiatan ini di sekolahnya masing-masing.

“Terus semangat dan jangan mudah putus asa. Kalau ada kemauan dan usaha yang keras, saya yakin nantinya para pelajar ini bisa menjadi atlet panahan andalan Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Kejuaraan panahan antar pelajar ini rata-rata merupakan kelompok pemula. Sehingga panah yang digunakan masuk dalam kategori kelas paralon dengan jarak panahan 7 (tujuh) meter. Baru nantinya kalau sudah mahir, mereka akan masuk kategori kelas sebenarnya dengan panah asli.

Dalam kejuaraan ini, masing-masing atlet diberikan kesempatan melakukan panahan dalam 5 (lima) kali etape. Dimana masing-masing etape, tiap atlet diberikan 5 busur panah. Atlet yang lemparan busurnya terbaik akan ditetapkan sebagai pemenang

Post a Comment

1 Comments

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.