Peringati Hari Anak Nasional di Tengger

Penulis : Dimaz Akbar
Senin 24 Juli 2017




Probolinggo,KraksaanOnline.com – Dalam rangka untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2017, puluhan bocah Tengger memainkan permainan tradisional dan seni tari khas Tengger di Seruni Poin Kawasan Gunung Bromo, Minggu (23/7/2017) siang.
Dengan berpakaian adat khas Tengger, sejumlah anak Tengger ini melakukan tari-tarian diantaranya Tari Tepuk dan Tari Boneka. Dimana tarian ini merupakan salah satu tarian khas Suku Tengger yang sering dimainkan anak-anak pada saat pertunjukan.
Selain tarian, mereka juga melakukan permainan lompat karet, bekel dan juga dakon. Permainan ini merupakan permainan zaman dahulu kala sebelum massa kemerdekaan yang hingga kini masih mereka pertahankan dengan baik.
Desi, siswa kelas 3 SD mengaku sangat suka bermain bekel. Dia lebih senang bermain permainan tradisional dari pada permainan lewat handphone atau gadget.
“Saya lebih memilih permainan ini karena sangat mudah dan gampang,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Shinta, salah satu kakak peserta. Menurutnya, penting sekali bagi anak-anak mempertahankan permainan tradisional untuk anak-anak bersosial, khususnya anak suku Tengger demi mempertahankan tradisi suku Tengger sendiri.
“Biasanya anak-anak sekarang lebih banyak bermain melalui aplikasi di handphone atau gadgetnya. Hal ini tentunya dikhawatirkan akan mempengaruhi tradisi anak-anak suku Tengger. Hanya permainan dan tarian tradisional inilah solusinya,” ungkapnya.
Sementara Camat Sukapura Yulius Christian menyebutkan bahwa mempertahankan permainan dan tradisional ini sangat penting. Hal ini sebagai antisipasi supaya anak-anak Tengger tidak terpengaruh oleh permainan canggih yang ada di handphone atau gadget.
“Setidaknya anak-anak Tengger punya semangat dan motivasi untuk bersama-sama mempertahankan dan melestarikan permainan dan tradisonal khas Tengger,” katanya. (maz)

Editor : wan

Post a Comment

0 Comments