Mencari Sensansi Kopi Arabika Kobra Krucil

www.kraksaan-online.com Dan tren ini pun memiliki dampak ekonomi yang cukup signifikan baik itu pada petani, tengkulak dan pabrikan kopi itu sendiri.

Penulis : Hendra
Sabtu 21 Oktober 2017

Probolinggo,KraksaanOnline.com - Akhir-akhir ini bicara kopi seakan tidak ada habisnya, mengiringi bergesernya budaya ngopi yang dulu hanya banyak diminati kaum pria dewasa dan hanya untuk menghilangkan rasa kantuk saja. Namun kini ngopi telah melahirkan filosofi-filosofi baru yang kian menjadi tren untuk kalangan muda dan eksekutif yang sering disebut pecinta kopi.

Kecamatan Krucil Bakal Menjadi Penghasil Kopi Organik Jenis Arabika Cobra



Dan tren ini pun memiliki dampak ekonomi yang cukup signifikan baik itu pada petani, tengkulak dan pabrikan kopi itu sendiri. Belum lagi disusul menjamurnya warung-warung kopi tradisional atau bahkan sekelas Coffee Shop yang kini sangat mudah dijumpai di daerah pinggiran kota lengkap dengan barista muda bersertifikat. Singkat cerita banyak penikmat kopi pemula yang ingin menikmati kopi dengan level lebih tinggi.

Begitu juga dengan penulis, yang awalnya tidak begitu menghiraukan secara khusus ragam jenis dan cita rasa kopi yang ternyata begitu kaya akan jenis dan ciri khas itu. Kesempatan datang bersamaan dengan tugas meliput salah satu areal kebun kopi jenis Arabika Cobra seluas 37,02 Ha di Dusun Pesapen Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo yang dikelola oleh Kelompok Tani Rejeki 17 dan sedang menjadi lokasi pilot project Program Desa Pertanian Organik. Meski masih dalam proses mendapatkan sertifikat organik namun pengelolaannya sudah berbasis organik sejak tahun 2015 tanpa penggunaan obat kimia.

Di dampingi petugas penyuluh lapangan dan pendamping kelompok yang kompeten tentu saja mereka kini telah mampu memproduksi kopi arabika berkualitas tinggi dengan teknik pengolahan tradisional tanpa sentuhan mesin. Dan tentu saja penulis berkesempatan mencicipi seperti apa cita rasa yang ditawarkan kopi varietas langka itu bahkan saat pamit pulang, Alhamdulillah masih diberi satu bungkus kemasan 100 gram produk unggulan mereka.

Bermodal 100 gram kopi Arabika Cobra Krucil ini, keinginan untuk belajar memahami cita rasa kopi berkualitas pun memaksa penulis untuk meninggalkan kopi sachet yang biasa tersedia di rak dapur. Secangkir demi secangkir kopi Arabika Cobra Krucil telah menemani penulis di waktu sarapan pagi dalam mengawali tugas sehari-harinya dan di waktu sore saat menghantar senja pulang ke peraduan.

Di cangkir terakhir kopi arabika Krucilnya ini, penulis merasa ingin membagi pengalaman rasa ini dengan segala keterbatasan dan awamnya tentang pengetahuan kopi. Seperti pada umumnya menikmati secangkir kopi diawali dari menghirup aroma kopi yang diterima langsung oleh indera penciuman. Ketika kita mencium aromanya dan segera akan diterima indera perasa bila kopi telah berada di mulut dan kemudian ditelan.

Dari berbagai sumber juga dijelaskan bahwa aroma kopi merupakan karakter yang terpenting untuk spesifitas kopi. Setiap jenis kopi memiliki atribut yang dapat menstimulasi indera penciuman, tak terkecuali kopi instan. Akan tetapi kopi instan sudah tidak lagi memiliki senyawa volatil yang menyebabkan penurunan dramatis sensasi rasa keseluruhan.

Salah satu jenis kopi lainnya yang pernah penulis rasakan adalah kopi jenis Robusta dari berbagai daerah penghasil kopi lainnya. Hal ini kemudian bisa sebagai pembanding dengan cita rasa yang ditawarkan jenis Arabika Cobra keluaran Kecamatan Krucil ini. Dan tentu saja semua kembali pada selera masing-masing pecinta kopi. Namun bagi penulis sendiri dari dua jenis kopi yang pernah dirasakannya itu, Kopi Arabika Cobra Krucil telah merebut hatinya.

Kopi Arabika Cobra Krucil yang sudah berupa bubuk ini kalau diperhatikan baunya memiliki bau khas seperti campuran dedaunan, kayu dan bau tanah. Namun setelah disajikan di atas cangkir dengan cara tubruk, bau tadi berubah menjadi aroma yang gurih yang kuat namun tidak menyengat, seperti ada campuran aroma wangi misterius yang sebenarnya ingin keluar namun tidak bisa diungkapkan dalam tulisan ini oleh penulis.

Lanjut untuk rasa, dia tidak terlalu asam, karakternya soft hampir mirip karakter pada teh tapi sedikit lebih berat dan warna yang tidak terlalu hitam pekat. Dan jika diperhatikan di permukaan, kopi tubruk ini menyisakan sedikit ampas yang agak kasar, tapi jangan dibuang, rasanya gurih ternyata, mungkin karena kopi ini ditumbuk bukan digiling. Dan jika kita sruput, sejak dia menyentuh ujung lidah sampai pangkal kemudian dibuat kumur sebentar dan biarkan melewati kerongkongan, terasa di mulut sangat lembut dan tidak berat sama sekali.

Terakhir dalam menikmati kopi dikenal juga dengan merasakan aftertaste (rasa yang tertinggal). Ini adalah rasa yang tertinggal di mulut usai meminum kopi, apakah ada cita rasa lengket sedikit menyangkut di tenggorokan. Disini sebenarnya cukup sulit bagi penulis untuk menemukannya. Namun dari berbagai keterangan yang dihimpun, meminum kopi tanpa gula dan diseduh dengan air mineral mendidih dengan temperatur yang tidak terlalu panas yakni 90°c akan mengeluarkan karakter asli kopi itu sendiri.

Berbekal alat vietnam drip dan termometer elektrik yang biasa digunakan untuk mengukur suhu tubuh anak ketika sakit panas, maka jadilah penulis seperti layaknya barista yang piawai meracik sebuah minuman kopi. Sebenarnya untuk menggunakan Vietnam drip dibutuhkan kopi giling dengan tingkat kekasaran medium, syukurlah kopi tumbuk Arabika Cobra Krucil ini tergolong tidak terlalu halus.

Penulis menggunakan 2 sendok makan kopi (15 gram) dengan menuangkan air panas sebanyak 200 gram ke dalam alat vietnam drip tadi. Dibutuhkan sedikitnya 3 hingga 4 menit untuk menunggu seluruh tetesan air panas tadi melewati bubuk kopi di dalam alat itu. Dan waalaaaahh...... jadilah secangkir kopi Arabika Cobra Krucil dengan metode vietnam drip ala penulis. Karena tetesan awal sampai tetesan akhir memiliki rasa yang berbeda, maka perlu digoyang-goyang dulu supaya merata.

Dan benar ternyata, setelah disruput, dikumur dan sengaja didiamkan sebentar di dalam mulut untuk membiarkan indra perasa berbicara. Pada tegukan pertama penulis mendapati karakter rasa yang lebih mudah dideskripsikan, rasa pahit gurih itu bercampur dengan rasa masam yang sedang, dengan aroma seperti daun muda, setelah tegukan kedua dan ketiga barulah penulis menyadari aftertaste dari kopi Arabika Cobra Krucil ini. Seperti habis makan buah pisang, aroma dan rasa yang tertinggal di lidah sama persis ketika kita habis makan buah pisang.

Begitu luar biasa sensasi rasa yang ditawarkan kopi ini dan kebangetannya lagi kopi siap saji dengan kualitas organik ini hanya dibandrol Rp 20.000 saja untuk per 100 gramnya. Sholehuddin Ketua Poktan R17 mengungkapkan bahwa harga itu akan jauh meningkat berkali-lipat jika nantinya mereka sudah mengangantongi sertifikat organik.

Stok masih terbatas, karena hanya dipetik merah, maka kopi ini hanya dijual di lokasi perkebunan saja yaitu Dusun Pesapen, Desa Watupanjang, Kecamatan Krucil dan hanya menyediakan yang sudah diolah menjadi bubuk dengan kemasan cukup baik.

Sedangkan untuk permintaan seperti green bean dan sebagainya untuk pengolahan yang dibutuhkan oleh Coffee Shop, bisa menghubungi Pak Sholehuddin selaku Ketua Kelompok R17 di Nomer Handphoe 082336198400. (dra)


COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...

Baca Berita Lainnya

Name

Accesoris blog,1,adventure,11,agenda,1,alat dapur,1,ANEH,6,aneka masakan,6,aneka wisata kuliner,1,Antivirus,2,area publik,3,artikel,4,AWARDS,4,ayam,1,bahan pokok,9,bakso,2,balai kesehatan,7,Banner Link,3,Batik,1,BAZNAS,2,bbc kota probolinggo,2,Berita,4,berita kiriman pembaca,1,Berita kraksaan,1274,Berita kraksan,11,Berita krkasaan,19,Bidang Informasi IT,6,bisnis blog,2,Blog Hack,34,bordir,4,browser,1,budaya,11,buku tamu,1,bupati,57,cara membuat link,1,cara pasang Kotak Pencarian Google WebSearch,1,chatting,1,Cursor,1,d3,5,Disclaimer,1,DPRD Probolinggo,2,DUKUNGAN,1,ekonomi,312,EMOTICON,5,es jus,1,event,1,Facebook,1,fashion,5,Fasilitas kraksaan,39,film,1,foto,1,Free Fox,4,gadget,21,ganti template,1,gaya hidup,36,GOOGLE,5,Google WebSearch,1,gresik,1,Guestbook Gratisan,1,Gunung Bromo,3,Hack Billing Warnet,1,Hack Joomla,1,HACKING,10,hand phone,1,HAPPY,2,Hiburan,43,hotel,3,hotnews,233,ikan asin,1,ikan dan aquarium,1,iklan,8,info iklan,1,info lowongan kerja,6,internasioanl,2,internasional,33,internasional peristiwa,1,islam,1,jajaran staff,1,jasa,1,jasa pembuatan web murah,1,jasa warnet,3,JMF,2,job market fair,1,jualbeli komputer,9,jurnal warga,113,kajia online ramadhan,1,kajian online,2,kajian online ramadhan,23,Kamus,1,Kantor Polisi,1,keagamaan,3,Kecelakaan,99,Kerajinan,25,kesehatan,172,kesehatan.,1,Kode-kode Warna,1,Komunitas,5,Kotak blogroll,3,KPU,7,kraksaan,21,kraksaan info,1,kraksaan kuliner,2,krilkriminal,1,kriminal,473,kuliner nusantara,1,kuminitas,1,Kumpulan Widget,1,Kupu-kupu,1,lalapan,2,lembaga kursus,1,lokasi atm,1,Loker,751,Loker lowongan kerja,1,Loker. lowongan kerja,1,Loket,2,lowong kerja,1,lowongam kerja,4,lowongan kerja,354,lucu,1,makanan,19,Makna Tidur,1,mania community,1,Marquee,7,Masjid,1,media siber,1,Memasang Icon Back Top,1,Memasang Satus Online Di Blog,1,membahas hacking,4,mie ayam,1,Minuman,9,Most popular downloads,4,MUI Kabupaten Probolinggo,1,Multimedia,4,musik,1,My Award,2,My Diary,3,Naik Kelas,1,nasi dan mie goreng,2,nasi jagung,1,Nasioanl,1,Nasional,101,Objek Wisata,83,olah raga,111,Optik kaca mata,1,organisasi,56,paiton,1,pajarakan,1,pakuniran,1,pande besi,1,Panduan Blog Pemula,7,pantura,36,pasar,34,pasar buah,1,pasuruan,15,PAVING dan BAHAN BANGUNAN,1,Pembangunan,7,pemerinrahan,1,pemerintaha,1,pemerintaham,4,pemerintahan,465,pendidika,1,pendidikan,340,penerintahan,2,PENGETAHUAN INTERNET,54,penginapan,2,pengumuman,4,Perbankan,1,percetakan,8,perisitiwa,5,peristiwa,412,peristiwa dan kriminal,42,perlengkapan musik,1,perpus kraksaan,2,perpusdes,1,perpustakaan probolinggo,2,persewaan cd,1,photo,1,pileg,1,Pindah Alamat,1,politik,125,Polres Probolinggo,4,pom bensin,2,pondok,4,problinggo,2,probolingggo,5,probolinggo,2171,probolinggo kota,1,produk lainnya,9,produk ukm,5,profil kraksaan,2,profile,254,ptobolinggo,1,pusat oleh oleh,3,Radio Siar,3,ramadhan,28,Read More,5,Rokok,1,rumah makan,1,rumah sakit,13,rumahsakit,1,s1,5,sablon,1,sang tokoh,1,satlantas probolinggo,1,Script,3,Script Penutup,1,Sedih,1,selebriti,3,selebriti indonesia,1,Semarak,1,SEO,3,sepak bola,1,serba ramadhan,55,Serba Serbi,7,serbaa ramadhan,1,service,11,service komputer,9,service sepeda atau mobil,1,setting co.cc,1,Shoutmix,1,Slider,87,SMA,19,smkn 1 kraksan,2,Software,10,Soosial,1,Sosial,207,soto,1,souvenir,101,staff Admin,1,Susu Sapi,2,tambal ban,2,tampar,1,Tanya Jawab,1,Teknologi,66,Tempat Nongkrong,9,Template,1,Template 2 kolom,1,Template 3 kolom,1,Template magazin 4 kolom,1,Template skull,2,tentang kami,1,Tentang Textarea,4,Ternak,1,tinju,1,tips,3,TIPS - TRIK BLOG,47,Tips Buku Tamu,1,Tips Membuat Daftar Artikel,1,Tips Membuat Judul Blog Bergerak,1,Tips Trik edit HTML,16,tokek,2,Toko Mebel,1,Tongas,1,tradisional,53,travel,10,tribaratanews,1,tribatanews,1,tribeatanews,1,tribratanewa,1,tribratanews,140,Tutorial blog,2,Tutorial Blog Pemula,1,TV online,100,UKM,120,UMKM Probolinggo,4,UNIK,4,video,24,villa,1,viral,1,Virus,1,Warnet,1,warung,17,WIDGET,6,wisata,15,wisata bahari,8,wisata kuliner,29,wisata probolinggo,21,wisata religi,1,wisata sukapura,1,
ltr
item
kraksaan-online[dot]com | Probolinggo | Lowongan Kerja Probolinggo: Mencari Sensansi Kopi Arabika Kobra Krucil
Mencari Sensansi Kopi Arabika Kobra Krucil
www.kraksaan-online.com Dan tren ini pun memiliki dampak ekonomi yang cukup signifikan baik itu pada petani, tengkulak dan pabrikan kopi itu sendiri.
https://1.bp.blogspot.com/-n6GbBgd7UlM/WertFYfH1zI/AAAAAAAAWGE/wrSQa8yBbTMQkNp72Jd0Jocc_hp6WRUugCLcBGAs/s640/IMG-20171021-WA0033.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-n6GbBgd7UlM/WertFYfH1zI/AAAAAAAAWGE/wrSQa8yBbTMQkNp72Jd0Jocc_hp6WRUugCLcBGAs/s72-c/IMG-20171021-WA0033.jpg
kraksaan-online[dot]com | Probolinggo | Lowongan Kerja Probolinggo
http://www.kraksaan-online.com/2017/10/mencari-sensansi-kopi-arabika-kobra.html
http://www.kraksaan-online.com/
http://www.kraksaan-online.com/
http://www.kraksaan-online.com/2017/10/mencari-sensansi-kopi-arabika-kobra.html
true
8301577883959835473
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy