DLH Serahkan Bantuan Bibit Kopi Arabika Dan Sengon

Penulis : Dimaz Akbar
Rabu 15 November 2017

Probolinggo,kraksaanonline.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo, Selasa (14/11/2017) menyerahkan bantuan bibit kopi arabika, sengon dan pupuk organik di Pendopo Kecamatan Krucil.

Bantuan ini diberikan kepada 4 (empat) kelompok tani (poktan) di Kecamatan Krucil. Yakni, Poktan Rejeki 17 Desa Watupanjang, Poktan Eka Jaya II Desa Kalianan, Poktan Sejahtera I Desa Roto dan Poktan Makmur Satu Desa Bermi. Masing-masing poktan menerima bantuan 1.800 bibit kopi arabika, 1.000 bibit sengon, 2.500 kilogram pupuk organik serta bantuan biaya penanaman sebesar Rp 2 juta.

Penyerahan bantuan yang diikuti oleh Poktan didampingi masing-masing kepala desa/sekretaris desa (sekdes) ini dihadiri oleh Kepala Bidang Pemeliharaan Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Probolinggo Zaenal Ansori didampingi Kasi Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim DLH Kabupaten Probolinggo Sutopo, Camat Krucil Budi Hariyanto beserta jajaran Forkopimka Krucil.

Kasi Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim DLH Kabupaten Probolinggo Sutopo mengatakan pemberian bantuan bibit kopi arabika dan sengon ini dilakukan demi mencegah terjadinya bencana alam, terutama tanah longsor.

“Mohon bantuan yang diterima ini betul-betul ditanam dan dirawat dengan sebaik-baiknya. Pemerintah Daerah tidak minta untuk dikembalikan lagi. Itu sudah menjadi milik kelompok dan bertanggung jawab untuk menjaganya dengan baik. Semoga bantuan ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya,” katanya.

Sementara Camat Krucil Budi Hariyanto meminta agar bantuan bibit kopi arabika, sengon dan pupuk organik betul-betul dimanfaatkan secara maksimal. Selain untuk mencegah terjadinya longsor, bantuan ini bertujuan untuk mengentaskan angka kemiskinan. Pasalnya angka kemiskinan Kecamatan Krucil nomor 2 setelah Kecamatan Tiris.

“Ini tentunya dilakukan karena kami ingin menghapus angka kemiskinan sekaligus mencegah longsor. Oleh karenanya kalau sudah ditanam bibit ini betul-betul dirawat dengan baik dan jangan dijual sehingga mampu menambah pendapatan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan, khususnya di Kecamatan Krucil,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala Bidang Pemeliharaan Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Probolinggo Zaenal Ansori mengharapkan agar bantuan bibit kopi arabika dan sengon ini mampu menurunkan erosi dan mencegah terjadinya longsor, meningkatkan oksigen bagi kehidupan dan meningkatkan serapan air.

“Saya bersyukur masyarakat disini mau menanam dan meningkatkan keseimbangan lingkungan hidup sehingga masyarakat yang berada dibawah merasakan manfaatnya. Karena jika ada tanaman tentunya air hujan diserap dan tidak terbuang sia-sia ke laut,”  ujarnya.

Menurut Zaenal, Pemerintah Daerah menginginkan adanya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya di Kecamatan Krucil melalui peningkatan sektor pertanian dan peternakan. Sehingga harapannya bibit tanaman ini ditanam dan dirawat dengan baik karena ke depan akan dimonitoring.

“Mudah-mudahan pemberian bantuan hibah bibit kopi arabika dan sengon ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengentaskan angka kemiskinan di Kecamatan Krucil,” harapnya. (maz)



Post a Comment

0 Comments