Fasilitasi Kerja Sama UKM Dengan Penguasaha

Penulis : Dimaz Akbar
Rabu 22 November 2017

Probolinggo,kraksaanonline.com - Sebagai sarana untuk menjembatani antara pelaku usaha besar dan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) agar tercipta hubungan kerjasama strategis dalam menjalankan usahanya masing-masing, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Probolinggo menggelar sosialisasi peningkatan fasilitasi terwujudnya usaha strategis antar UKM dan pengusaha besar di Rumah Makan Mbak U Kraksaan, Rabu (22/11/2017).

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Muh. Happy ini diikuti oleh 45 orang peserta terdiri dari kelompok UKM dari Kecamatan Kraksaan, Krejengan dan Pajarakan. Mereka terdiri dari usaha batik, bordir, handycraft serta mamin (makanan dan minuman).

Sekretaris DPMPTSP Kabupaten Probolinggo Saleh mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membangun komunikasi dan koordinasi yang baik antara pengusaha besar dan UKM serta menciptakan sinkronisasi dan penyelarasan usaha antara pengusaha besar dan UKM.

“Selain itu, sebagai sarana untuk menggali informasi dari pelaku usaha terkait faktor pendorong dan faktor penghambat dalam menjalankan usahanya yang akan menjadi dasar bagi Pemerintah Daerah dalam menyusun kebijakan dibidang investasi, ” ungkapnya.

Sementara Asisten Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Muh. Happy mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dunia usaha melalui kerjasama strategis yang saling menguntungkan antara UKM dan pengusaha besar sehingga diharapkan adanya peningkatan kegiatan investasi di Kabupaten Probolinggo.

“Dengan motto Melayani Dengan Hati Menumbuhkan Investasi, Pemerintah Kabupaten Probolinggo akan selalu mendukung segala upaya yang dilakukan para pengusaha dalam mengembangkan usahanya termasuk beberapa inovasi dalam mendukung terlaksananya percepatan perizinan berusaha di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Happy, Pemkab Probolinggo akan selalu berupaya meningkatkan pelayanan dengan cara melakukan evaluasi atas seluruh dasar hukum pelaksanaan proses perizinan berusaha, termasuk bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Seiring perkembangan teknologi, DPMPTSP Kabupaten Probolinggo akan mengembangkan sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik dalam rangka percepatan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini mereka mendapatkan materi dari narasumber DPMPTSP Provinsi Jawa Tmur, DPMPTSP Kabupaten Probolinggo, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo serta PT Indofood Sukses Makmur Sumberasih. (maz)



Post a Comment

0 Comments