Gotong Royong, Bupati Tantri Rilis Bantuan Simulasi Perumahan Swadaya Destinasi Wisata

Penulis : Dimaz Akbar
Rabu 08 November 2017

Probolinggo,kraksaanonline.com - Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE bersama masyarakat Desa Ngadas Kecamatan Sukapura melakukan gotong royong membangun desa sekaligus launching (rilis) Bantuan Simulasi Perumahan Swadaya Destinasi Wisata, Rabu (8/11/2017) di Balai Desa Ngadas Kecamatan Sukapura.


Kegiatan Gotong Royong pembangunan desa ini dihadiri pula Kasubbid Penyediaan Rumah Swadaya Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) RI Retno Puji Astuti, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, para Kepala SOPD terkait, Forkopimka Sukapura, tokoh agama dan tokoh masyarakat di lingkungan Kecamatan Sukapura.

Gotong royong ini diawali dengan kunjungan ke lokasi petani jamur kancing di Dusun Krajan milik mantan Kepala Desa Wonokerto Giantoro. Kemudian dilanjutkan ke lokasi petani Terong Belanda milik Yulianto di Desa Wonokerto.



Usai kunjungi hasil pertanian yang merupakan salah satu agrowisata Desa Wonokerto, Bupati Tantri meresmikan tandon penampungan air di Cemorokandang Desa Ngadas. Dilanjutkan dengan penyerahan sembako untuk 50 orang yang secara simbolis diterima 7 orang. Lalu bersilaturahim ke rumah Kepala Desa Ngadas Kastaman.

Kemudian Bupati Tantri dan seluruh rombongan menuju Balai Desa Ngadas untuk menyerahkan piagam penghargaan pelunasan PBB di awal tahun 2017 bagi Kecamatan Tiris, Gading, Sumber, Sukapura, Sumberasih dan Ngadas.



Diserahkan pula stimulan perumahan swadaya destinasi wisata sejumlah 503 unit rumah, penyerahan bantuan dari Kementerian PUPR sejumlah 273 unit rumah, penyerahan paket sembako dari PMI, Bank Jatim, BPBD dan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP). Selain itu, Bupati Tantri juga menandatangani prasasti pembangunan perpipaan di Desa Ngadas dan Jetak Kecamatan Sukapura.

Kepala Desa Ngadas Kastaman menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan pemerintah yang telah merekom pembangunan di Desa Ngadas khususnya yang pada saat ini telah mencapai pembangunan yang optimal. “Semoga dengan kerjasama ini dapat meningkatkan percepatan pembangunan desa khususnya di Desa Ngadas Kecamatan Sukapura,” ungkapnya.



Sementara Retno Puji Astuti dari Kementerian PUPR mengharapkan agar dengan bantuan ini nantinya masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung serta mampu meningkatkan kenyamanan hunian. “Serta meningkatkan kualitas perumahan layak huni bagi masyarakat,” harapnya.

Sedangkan Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menjelaskan bahwa pembangunan tandon air bersih ini merupakan program untuk kesejahteraan masyarakat dan penyediaan tempat air bersih yang nantinya dapat mengatasi permasalahan untuk kebutuhan hidup masyarakat.


“Terkait dengan potensi pertanian, petani jamur adalah prospek untuk masa depan yang baik. Harapannya potensi hasil pertanian dapat diproses menjadi makanan produk unggulan dan hasilnya memiliki nilai jual yang lebih besar,” katanya.  (maz)

Post a Comment

0 Comments