Kampung KB Desa Alasnyiur Masuk Nominasi Lima Besar Jatim

BESUK,KRAKSAANONLINE.COM – Sesuai dengan Surat Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Nomor : 9072/BL/201/J5/2018 tanggal 17 Mei 2018, Kampung KB Desa Alasnyiur Kecamatan Besuk masuk sebagai nominasi 5 (lima) besar Jawa Timur sebagai peraih Kampung KB Terbaik tahun 2018.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto melalui Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan Herman Hidayat.

Selanjutnya, Kampung KB Desa Alasnyiur akan menerima kunjungan lapangan dari tim penilai Lomba Kampung KB Provinsi Jawa Timur pada 21 hingga 26 Juni 2018 mendatang. Kampung KB Desa Alasnyiur akan bersaing menjadi yang terbaik bersama 4 (empat) Kampung KB lain di Jawa Timur yang berasal dari Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bojonegoro dan Kota Blitar.

Menurut Herman, fokus penilaian dilakukan pada program dan kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu oleh berbagai sektor di desa kawasan Kampung KB. “Yang menjadi perhatian adalah keterlibatan lintas sektor untuk melakukan program dan kegiatan di desa Kampung KB,” ujarnya.

Hal ini jelas Herman sesuai dengan hakekat dari dibentuknya Kampung KB untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, maka dapat dilakukan semua program lintas sektor di lokasi Kampung KB.

“Yang menjadi cakupan kegiatan Kampung KB meliputi bidang keagamaan, bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang pelayanan dan ketahanan keluarga, bidang pertanian, bidang sosial dan budaya, bidang perlindungan anak dan perempuan serta bidang sarana dan prasarana,” jelasnya.

Cakupan bidang Kampung KB ini sesuai dengan pelaksanaan lomba di tingkat Jawa Timur sekitar bulan Maret 2018 lalu, dimana kabupaten/kota diharuskan mengikuti/mengirimkan profil pelaksanaan Kampung KB di tingkat kabupaten/kota ke Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur. “Alhamdulillah kami masuk nominator 5 besar dan akan didatangi tim penilai lomba Kampung KB Provinsi Jawa Timur, ” terangnya.

Dengan terpilihnya Kampung KB Alasnyiur Kecamatan Besuk, maka DPPKB Kabupaten Probolinggo melakukan persiapan-persiapan untuk penilaian kunjungan lapangan Lomba Kampung KB tingkat Provinsi Jawa Timur. Pertama, DPPKB melakukan koordinasi dengan pengurus Pokja Kampung KB Desa Alasnyiur lintas sektor dan tokoh masyarakat setempat.

“Kedua, melakukan pembagian tugas kepada pejabat DPPKB untuk melakukan evaluasi verifikasi maupun penyempurnaan terhadap dokumen-dokumen yang sudah ada seperti yang ada di dalam profil Kampung KB yang dilombakan. Ketiga, timnya sudah terbagi dan mempunyai waktu 2 minggu untuk memberikan masukan-masukan kepada pengurus Kampung KB dan lintas sektor yang mempunyai kegiatan di tingkat desa dan Kecamatan Besuk, ” tegasnya.

Herman menambahkan terpilihnya Desa Alasnyiur sebagai nominator pelaksanaan Lomba Kampung KB tingkat Jawa Timur diharapkan menjadi motivasi bagi pelaksanaan program Kampung KB di Kabupaten Probolinggo. Dengan kata lain sebagai sebuah model tentang pemegang keterpaduan berbagi kegiatan lintas sektor demi kemajuan dan peningkatan taraf hidup masyarakat yang lebih berkualitas.

“Sesungguhnya juara bukanlah tujuan utama dari program yang digagas oleh Presiden RI, tetapi bisa diimplementasikan di desa sehingga secara geografis dan sosial kultural mempunyai strategi yang sangat penting untuk memperkuat pembangunan ekonomi nasional. Karena pemerintah mempunyai keinginan untuk membangun kota melalui desa. Kami ingin supaya desa-desa yang terpilih menjadi Kampung KB menerapkan program/model Kampung KB ini dengan baik,” harapnya. (Zidni Ilham)

Post a Comment

0 Comments