Jumat Barokah: Bersih Masjid Bersama Mahasiswa KKN UM

Oleh : Ulfiatul Jannah
Universitas Negeri Malang 2018
JURNAL WARGA PROBOLINGGO - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) 2018 mengadakan kegiatan bersih masjid di Desa Jatiurip, Kecamatan Krejengan. Sebanyak 26 mahasiswa KKN UM melaksanakan kegiatan tersebut di Masjid Nurul Hidayah pada Jumat, 25 Mei 2018. Disusul dengan Masjid Markabul Jannah di Dusun Kuripan pada Jumat, 1 Juni 2018.



Kegiatan ini dirasa perlu diadakan untuk meningkatkan kenyamanan dalam beribadah. Berawal dari nyaman beribadah di masjid kemudian akan timbul kebiasaan untuk terus memakmurkan masjid. pengaruh dari kenyamanan dalam beribdah di masjid ini juga untuk muda-mudi. Menghabiskan waktu di masjid jauh akan bermanfaat karena tanpa mengeluarkan biaya justru dapat pahala.



Setelah masjid lebih bersih, diharapkan masyarakat sekitar lebih bersemangat dalam memakmurkan masjid terutama di Bulan Ramadhan ini. Sholat berjamaah, tadarus hingga i’tikaf menjadi lebih khusyuk. Sejatinya masjid untuk mendamaikan hati, oleh karena itu akan terbuka pukul berapapun untuk muslim manapun.
Selain bersih masjid, mahasiswa KKN UM juga memasang beberapa pemberitahuan di dalam maupun di luar masjid. Seperti doa masuk masjid, doa masuk kamar mandi hingga adab berada di masjid. Hal ini untuk melengkapi kenyamanan jamaah dalam beribadah. Selain itu untuk membiasakan pemuda dan pemudi utamanya untuk menerapkan doa sehari-hari dan berakhlak mulia.(*)

BACA :


Post a Comment

0 Comments