Sosialisasi Bank Sampah : Bangun Kesadaran Warga Desa Sentong

Oleh : Doni NurDiansyah
           ( Univeristas Negeri Malang )

JURNAL WARGA PROBOLINGGO - Di Balai Desa Sentong, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo pada Minggu (03/06/2018) pagi terlihat mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) sedang mengarahkan ibu-ibu PKK yang mulai berdatangan untuk mengikuti Sosialisasi Bank Sampah.

Sosialisasi Bank Sampah yang dihadiri oleh 60 anggota PKK Desa Sentong diadakan dengan tujuan untuk menyadarkan warga tentang pentingnya menjaga lingkungan dan memanfaatkan sampah menjadi barang yang ekonomis.



Dalam kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga 10.30 WIB tersebut disampaikan oleh H. Abdul Manaf, M.Pd selaku Direktur Utama Bank Sampah Desa Krejengan. Materi yang disampaikan tentang pengenalan dan pengetahuan dasar mengenai Bank Sampah, antara lain pengertian bank sampah serta manfaatnya, alur pengelolaan bank sampah, dan sistem pembagian hasil dalam sistem bank sampah. Hal yang menarik dalam sosialisasi ini adalah penggunaan bahasa Madura interaktif, selain itu ada sesi menyanyikan mars Bank Sampah Desa Krejengan bersama dengan ibu-ibu PKK.

“Ibu-ibu, Bank Sampah ini bukan hanya sekadar tentang uang yang menjadi tujuan akhirnya, tetapi bagaimana kita bisa menjaga lingkungan desa agar tetap bersih dan segar. Maka, hal ini tidak bisa terwujud tanpa adanya kerja sama dan kesadaran ibu-ibu disini. Makanya bu, ayo bangun! Bangun!” ujar Pak Manaf.

Pak Manaf menyampaikan bahwa setelah melakukan pemilahan sampah berdasarkan jenisnya (organik dan anorganik) yang kemudian akan dipisahkan lagi berdasarkan jenis bahan, dilakukan penyetoran sampah ke Bank Sampah, kemudian ditimbang. Petugas akan mencatat jenis dan bobot sampah setelah penimbangan. Hasil pengukuran tersebut lalu dikonversikan ke dalam nilai rupiah dan ditulis di buku tabungan yang nantinya dipergunakan sebagai kas RT.



Tabungan bank sampah juga dapat dimodifikasi menjadi beberapa jenis : tabungan hari raya, tabungan pendidikan, hingga tabungan umroh.
Harapan dengan adanya sosialisasi ini, warga Desa Sentong, Kecamatan Krejengan dapat bersama-sama membangun Bank Sampah dan berkomitmen untuk menjalankan Bank Sampah secara berkelanjutan. Selain itu, bukan hanya Desa Sentong dan Kecamatan Krejengan saja, namun seluruh desa di Probolinggo diharapkan dapat menerapkan Bank Sampah.

Di akhir acara, Ibu Kepala Desa Sentong Hj. Ana Hotimah S.Ag selaku Ketua PKK Desa Sentong menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa KKN UM yang telah mengadakan sosialisasi Bank Sampah sebagai satu solusi permasalahan sampah di Desa Sentong juga mengajak ibu-ibu PKK untuk membangun Bank Sampah dengan kesadaran dan komitmen.(*)


Post a Comment

0 Comments