Aksi Peduli Laut, Bersihkan Sampah Perairan Gili Ketapang

GILI KETAPANG,Tim Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Marine Coral Dive Probolinggo melakukan aksi peduli laut dengan melakukan pembersihan sampah/jaring di perairan Pulau Gili Ketapang, Minggu (19/8/2018) sore.

Aksi ini merupakan tindak lanjut dari ajakan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti melalui program Menghadap Laut. Dimana menghadap laut merupakan gerakan bersih laut serentak di sepanjang pesisir Indonesia dan aksi bersama-sama menghadap laut sebagai bukti kepedulian terhadap laut. Dimana kegiatan ini dilaksanakan serentak di 73 titik di Indonesia sekaligus untuk menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan RI.



Dalam aksi nyelam di daerah masing-masing ambil sampah di laut ini, ada sekitar 6 (enam) orang penyelam yang dilibatkan. Dimana 2 (dua) diantaranya berasal dari Diskan Kabupaten Probolinggo. Kegiatan ini dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih pantai di Pulau Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap Wahid Noor Azis mengungkapkan aksi ini dimaksudkan sebagai sarana untuk menumbuh kembangkan semangat cinta kepada lingkungan hidup yang bersih, indah dan sehat terhadap ekosistem pesisir dan laut khususnya kepada masyarakat pesisir, pelajar dan mahasiswa, komunitas/organisasi serta instansi terkait.



“Tujuannya adalah meningkatkan kepedulian terhadap pentingnya kebersihan pantai dan laut guna menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan sehat. Dengan adanya aksi ini diharapkan mampu menggerakkan kati dan kesadaran kepada seluruh masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan sehingga tercipta lingkungan yang bersih, indah dan sehat, ” harapnya.

Selain di perairan Pulau Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih, kegiatan serupa juga dilaksanakan di perairan Pantai Duta Desa Randutatah Kecamatan Paiton. Dimana kegiatan ini melibatkan personil BPBD dan PMI Kabupaten Probolinggo. (Zidni Ilham)

REKOMENDASI PEMBACA :


Post a Comment

0 Comments