Kak Timbul Buka Kursus Mahir Tingkat Dasar Saka Bakti Husada

GADING,Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko secara resmi membuka Kursus Mahir Tingkat Dasar Saka Baksi Husada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo di Hotel dan Waterpark Kampoeng Kita Desa Condong Kecamatan Gading, Kamis (27/9/2018) sore.

Kegiatan yang digelar oleh Saka Bakti Husada Dinkes Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo ini dibagi dalam 2 (dua) tahap. Tahap pertama, Kamis hingga Sabtu (27-29/9/2018) dan tahap II Kamis hingga Sabtu (4-6/10/2018). Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta terdiri dari lintas program Dinkes 8 orang, puskesmas 35 orang dan anggota SBH 7 orang.

Turut mendampingi dalam pembukaan tersebut Kamabisaka SBH Dinkes Kabupaten Probolinggo Kak dr Shodiq Tjahjono beserta segenap pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo.




Dalam sambutannya Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA Timbul Prihanjoko mengungkapkan kursus mahir tingkat dasar adalah bagian dari sistem pendidikan jenjang kesatu bagi orang dewasa dalam gerakan pramuka untuk mempersiapkan tenaga/calon pembina pramuka mahir dengan tujuan membekali para pembina/calon pembina tentang pengertian dasar pendidikan kepramukaan serta garis besar cara membina dan mengelola satuan pramuka di gugus depan.

“Kakak-kakak akan memperoleh materi-materi dari para pelatih cabang yang telah mempunyai kewenangan sebagai pelatih pembina. Keseluruhan materi secara dasar tentang gerakan pramuka akan diberikan dalam forum kursus mahir dasar ini selama 6 hari atau modivikasi pelaksanaan sistem kursus mahir dasar yang saat ini dilakukan oleh Satuan Karya Bakti Husada,” katanya.

Menurut Kak Timbul, pembekalan materi pembina maupun pamong saka sangat dibutuhkan mengingat dalam rangka mendidik peserta didik penegak atau pandega diperlukan teknik-teknik/kreatif baru tidak hanya di bidang kepramukaan saja tetapi harus menyesuaikan kejiwaan jenjang usia yang selaras dengan perkembangan anak muda.



“Tugas gerakan pramuka adalah untuk mempersiapkan generasi muda bangsa lebih baik dari generasi yang terdahulu dalam arti berkualitas, cerdas dan berkarakter,” jelasnya.

Disamping memperoleh pengetahuan prinsip dasar dan metode kepramukaan jelas Kak Timbul, dalam waktu tidak lama masing-masing puskesmas di Kabupaten Probolinggo segera terbentuk pangkalan Satuan Karya Bakti Husada dengan krida-kridanya meliputi krida bina lingkungan sehat, krida bina keluarga sehat, krida penanggulangan penyakit, krida bina gizi, krida bina obat dan krida perilaku hidup bersih dan sehat.

“Dengan adanya latihan-latihan yang rutin sesuai dengan minat dan bakat peserta didik supaya dimanfaatkan dan dimantapkan peran Saka Bakti Husada kepada masyarakat sehingga pramuka bisa membantu mengangkat keterbelakangan Kabupaten Probolinggo di bidang kesehatan,” pungkasnya.

Sementara ketua panitia Seneman mengatakan secara umum kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan instruktur SBH dalam mengembangkan SBH di Kabupaten Probolinggo dalam mendukung gerakan masyarakat hidup sehat (germas) di Kabupaten Probolinggo.

“Selain itu, meningkatkan ketrampilan peserta dalam mengembangkan Saka Bakti Husada di Kabupaten Probolinggo, terlaksananya pembentukan dan pembinaan Saka Bakti Husada di 33 puskesmas serta mengaktifkan Saka Bakti Husada dalam rangka mendukung Germas di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Selama kegiatan, para peserta Kursus Mahir Tingkat Dasar SBH Dinkes Kabupaten Probolinggo mendapatkan beragam materi dari instruktur yang berasal dari Pusdiklat Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo. (Zidni Ilham)

REKOMENDASI PEMBACA :

Post a Comment

0 Comments