Kembangkan Perpusdes, Dispersip Gelar Stakeholder Meeting

KRAKSAAN,Dalam rangka untuk mengembangkan perpustakaan desa (perpusdes), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo menggelar stakeholder meeting, Kamis (20/9/2018). Kegiatan ini mengambil tema “Membangun Komitmen Mitra Dalam Pengembangan Perpustakaan Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat”.

Kegiatan yang digelar di ruang Pustakaloka Dispersip Kabupaten Probolinggo ini diikuti oleh 55 orang peserta terdiri dari perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala desa replikasi perpustakaan desa, CSR perusahaan dan pegiat perpustakaan di Kabupaten Probolinggo.



Dalam kegiatan ini dilakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antara Dispersip Kabupaten Probolinggo dengan Satuan Samapta Bhayangkara Polres Probolinggo tentang layanan pinjam pakai bahan perpustakaan. Penandatangan ini dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo Budi Purwanto dan Kepala Satuan Samapta Bhayangkara Polres Probolinggo AKP Sujianto.

Kegiatan ini didasarkan kepada Undang-undang (UU) Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, khususnya pasal 2 yang menyebutkan perpustakaan diselenggarakan berdasarkan asas pembelajaran sepanjang hayat, demokrasi, keadilan, keprofesionalan, keterbukaan, keterukuran dan kemitraan. Serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Plt Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo Budi Purwanto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) dan mendukung peningkatan IPM Kabupaten Probolinggo.

“Kegiatan ini dilakukan untuk meminta sumbangsih pemikiran terkait masalah yang berkaitan dengan perpusdes. Karena dengan adanya perpusdes di desa, masyarakat bisa membaca untuk menambah ilmu pengetahuannya. Sebab banyak informasi yang bisa didapat melalui perpusdes yang ada di desa,” katanya.



Menurut Budi, dengan adanya stakeholder meeting ini nantinya para pegiat perpustakaan di Kabupaten Probolinggo dapat mendukung dan membantu dalam mengembangkan perpusdes berbasis informasi teknologi (IT). Karena tanpa dukungan dari stakeholder yang lain maka pengembangan perpusdes akan sulit untuk diwujudkan. Pengembangan perpusdes bisa dilakukan apabila ada dukungan dan kemitraan dengan semua pihak.

“Melalui stakeholder meeting ini nantinya dapat memberikan kontribusi terkait program pengembangan perpustakaan sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Bentuk dukungan dapat berupa sinergi kegiatan, dukungan dana dan dukungan sarpras (sarana dan prasarana),” harapnya.

Dalam kegiatan stakeholder ini dilakukan penyampaian materi oleh Pustakawan Dispersip Kabupaten Probolinggo Hesthiyono Suko Adhi tentang Peran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dalam Mewujudkan Progran Literasi Untuk Kesejahteraan. (Zidni Ilham)

REKOMENDASI PEMBACA :

Post a Comment

0 Comments