Mulai Salurkan Program Jalin Matra Tahun 2018

MARON,Untuk tahun 2018, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo memperoleh Bantuan Keuangan Khusus untuk Pemerintah Desa melalui Program Jalin Matra (Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera) Provinsi Jawa Timur sebesar Rp 9.879.625.000. Terdiri dari bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) sebesar Rp 3.297.500.000 untuk 1.319 RTS, Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) sebesar Rp 4.995.000.000 untuk 1998 RTS, Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2) sebesar Rp 325.000.000 untuk 5 Desa dan Operasional Desa sebesar Rp 1.252.125.000.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto melalui Kasi Pemberdayaan Masyarakat Tertinggal Sugeng Romadon saat menghadiri penyaluran bantuan program Jalin Matra tahun 2018 di Balai Desa Maron Kulon Kecamatan Maron, Kamis (20/9/2018).




“Bantuan program Jalin Matra tahun 2018 kegiatan bantuan RTSM diberikan kepada RTS di 12 desa di 7 (tujuh) kecamatan, PFK diberikan bagi RTS di 52 desa di 16 kecamatan serta PK2 diberikan kepada 5 desa untuk dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) meliputi Desa Menyono Kecamatan Kuripan, Desa Satrean Kecamatan Maron, Desa Mentor Kecamatan Sumberasih, Desa Tigasan Kecamatan Tigasan serta Desa Pesawahan Kecamatan Tiris,” katanya.




Menurut Sugeng, program Jalin Matra dimaksudkan menurunkan tingkat kedalaman dan kepasrahan kemiskinan Rumah Tangga Miskin serta meningkatkan ketahanan sosial dan ekonomi Rumah Tangga Miskin. “Selain itu, pemberdayaan Rumah Tangga Miskin berbasis potensi lokal dan kondisi geografis sekaligus meningkatkan motivasi usaha Rumah Tangga Miskin,” jelasnya.

Khusus di Desa Maron Kulon Kecamatan Maron, bantuan diberikan untuk kegiatan PFK. Bantuan ini diberikan kepada 56 RTS yang akan menerima bantuan sesuai usulan yang sudah disampaikan untuk kegiatan produktif. Seperti, kambing, kasur pijat, modal usaha toko pracangan dan toko jamu tradisional, kulkas, kipas angin, usaha telor asin dan mesin jahit.

Sugeng menerangkan bahwa program Jalin Matra untuk PFK ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan melalui pemberian bantuan usaha produktif.

“Semoga pelaksanaan program Jalin Matra ini betul-betul sesuai cita-cita pemerintah bisa meningkatkan derajat hidupnya dan mengurangi angka kemiskinan. Memang dengan bantuan ini tidak langsung bisa kaya, tetapi setidaknya ada proses agar masyarakat berdaya dan termotivasi keluar dari kemiskinan,” terangnya.

Dengan program Jalin Matra ini Sugeng mengharapkan agar nantinya masyarakat penerima manfaat bisa memperoleh tambahan penghasilan melalui usaha produktif. Khususnya kepada Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) yang tidak mempunyai pekerjaan dan berada di garis kemiskinan. (Zidni Ilham)

REKOMENDASINPEMBACA :

Post a Comment

0 Comments