Pengembangan Sentra Madu Kecamatan Lumbang

LUMBANG,Sentra madu Lumbang turut berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Untuk mendukung pengembangan sentra madu tersebut, dilaksanakan Program Kemitraan Wilayah (PKW) antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dengan Universitas Surabaya (Ubaya) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dilaksanakan Sabtu (1/9/2018) di Kantor Kecamatan Lumbang.



Proposal PKW Sentra Madu yang diajukan Ubaya dan UMM telah disetujui Kementerian Riset, Tenologo dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) sejak 2017 dan akan berakhir tahun 2019. Implementasi program ini berupa pembinaan, pendampingan dan pengembangan usaha madu di Kecamatan Lumbang.

Terlaksananya program ini untuk mengevaluasi terhadap permasalahan dalam pengembangan usaha madu. Sementara pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah daerah disesuaikan dengan kondisi setempat agar tepat sasaran, efektif, efisien dan diperoleh manfaat yang optimal.

Ubaya memberikan bantuan mesin penurun kadar air (dehumidifier). Sedang disiapkan pula pembangkit listrik tenaga matahari sebagai antisipasi jika aliran listrik PLN padam. Banyak bantuan bantuan yang diberikan untuk melengkapi lokasi sentra madu seperti display “Kampung Madu Kecamatan Lumbang.”

Melalui PKW) dan Ubaya telah menyumbang 7.000 bibit randu. Sedangkan swadaya masyarakat berjumlah sekitar 1.000 bibit. Seluruhnya ditanam dilahan Perhutani. Untuk penanaman tersebut sudah dikoordinasikan dengan pihak Perhutani.

Camat Lumbang Bambang Heri Wahyudi menjelaskab, Kecamatan Lumbang mengalokasikan anggaran pembuatan bangunan untuk tempat mesin, pengadaan alat uji kadar air pada madu. Telah dilakukan pula fasilitasi pada Koperasi Ternak Hidup Makmur Sejahtera sebagai wadah para peternak lebah.



Dalam mengoptimalkan potensi tersebut, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait pada tahun 2019 akan memberikan dukungan berupa bantuan alat kemasan madu (sachet), Kedit Modal Kerja (KMK), sistem hak paten untuk logo maupun label dan juga dukungan dukungan lainnya. (Mujiono)

REKOMENDASI PEMBACA :

Post a Comment

0 Comments