Gerakan Sadar Wisata Dan Aksi Sapta Pesona, Kemenpar RI Dan Disporaparbud Bersih Bersih Pantai Bentar

GENDING - Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta mendorong tumbuh kembang kepariwisataan, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) bekerjasama dengan Dinas Pemuda, Olahrga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo menggelar acara Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona, Sabtu (20/10/2018) di obyek Wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo, Kecamatan Gending.

Kegiatan ini dihadiri oleh M. Sidik Widjanarko selaku Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, Arum Darmaningtyas perwakilan dari Kemenpar RI dan Camat Gending Muhamad Ridwan bersama anggota Forkopimka Gending. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo, pelaku jasa wisata, asosiasi profesi dan masyarakat sekitar Pantai Bentar.

Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona merupakan salah satu dari 10 program proritas Kemenpar untuk mendorong sinegritas pemerintah dengan stakeholder dalam rangka menciptakan iklim yang kondusif bagi kepariwisataan Indonesia.

Menurut Kepala Disporaparbud M. Sidik Widjanarko, Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kemajuan dan perkembangan potensi potensi wisata khususnya destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo.

“Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona ini diharapkan dapat mendorong pengembangan potensi wisata di Kabupaten Probolinggo agar lebih maju dan berkembang.” Dengan Aksi Sapta Pesona ini dapat menyatukan seluruh komponen pelaku aksi wisata maupun para pelaku jasa wisata, sehingga wisatawan dapat menikmati wisata di Kabupaten Probolinggo dan memiliki kesan yang baik,”jelas Sidik.

Perwakilan dari Kemenpar Arum Darmaningtyas menyatakan, Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona merupakan implementasi salah satu unsur Sapta Pesona yaitu aman dan bersih.

“Kegiatan hari ini merupakan rangkaian kegiatan untuk mensosialisasikan Sadar Wisata dan Sapta Pesona guna mendorong partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mewujudkan iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan,” jelas Arum.

Pada acara tersebut diserahkan bantuan alat-alat kebersihan yang diserahkan langsung oleh Arum Darmaningtyas kepada Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko.

Acara pagi itu dilanjutkan dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan di dalam kompleks Wisata Pantai Bentar oleh semua undangan dan peserta. Dengan bergotong royong mereka membersihkan sampah yang ada di sekitar hingga setiap sudut Pantai Bentar.(y0nO)

Post a Comment

0 Comments