Harapkan Warga Belajar Mampu Buat Gerabah

BESUK - Pengembangan model pembelajaran Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) di Dusun Panpan Desa Alaskandang Kecamatan Besuk, diisi dengan materi modul kegiatan produksi gerabah.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Besuk Teguh Prihantoro, Ketua TP PKK Kecamatan Besuk Wika Indah Sari Teguh, Pamong Wali BP PAUD dan Dikmas Jawa Timur Suratmi dan Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo

Selama 3 (tiga) jam Penilik Diktara Kecamatan Besuk mengelola kegiatan pembelajaran produksi gerabah sebanyak 20 peserta dibagi menjadi 4 (empat) kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan 5 (lima) orang. Kelompok 1 dengan ketua Maisaroh membuat celengan 5 buah, kelompok 2 dengan ketua Sulastri membuat pot bunga, kelompok 3 dengan ketua Hamija membuat guci dan kelompok 4 dengan ketua Siti Halila membuat teko dan cangkir.

“Diharapkan mereka mampu membuat gerabah sesuai tugasnya sebanyak 5 buah per kelompok,” kata Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo.

Target dan harapan Massajo, hasil pembelajaran yang ingin dicapai dalam kegiatan ini kompetensi peserta didik memiliki kemampuan dan strategi membuat gerabah yang bagus, mampu mendesain sesuai pesanan dan selera konsumen dan mampu bekerjasama dalam tim sehingga produksinya meningkat dan berkualitas.

“Serta mampu dan terampil membuat desain kreatif inovaif secara konvensional maupun melalui IT (Informasi dan Teknologi,” tegasnya.

Sementara Camat Besuk Teguh Prihantoro berharap melalui kegiatan produksi ini, para pengrajin gerabah lokal terus bersemangat dan tidak putus asa, karena semangat wisausaha ini harus terus dipupuk, dibimbing dan dilestarikan.

“Sebab pengrajin gerabah disamping memiliki potensi ekonomi, juga mempunya nilai histori atau sejarah, budaya dan sosial yang tinggi khususnya di lingkungan pedesaan,” katanya.

Pertemuan selanjutnya akan dilaksanakan pada 17 Oktober 2018 dengan materi belajar membuat kemasan hasil produksi yang cocok untuk gerabah. Narasumber dari Surabaya seorang desainer profesional dan illustrators Gusti Mohammad Hamdan Firmata. (Zidni Ilman)

Post a Comment

0 Comments