Ikrar Sumpah Pemuda Di Lautan Pasir Bromo

SUKAPURA - Pemerintah Kabupaten Probolinggo memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018 ini dengan menggelar apel akbar bersama di Lautan Pasir Bromo, Minggu (28/10/2018).

Lautan pasir Bromo pagi itu dipenuhi peserta apel dari berbagai penjuru Kabupaten Probolinggo. Selain peserta yang berseragam organisasinya masing-masing, sebagian besar peserta apel berpakaian adat dari berbagai daerah di nusantara.

Apel bersama ini diikuti oleh pejabat eselon II, III dan IV serta karyawan/karyawati di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Nampak juga utusan Organisasi Kepemudaan (OKP), mahasiswa, pelajar dan warga masyarakat sekitar Gunung Bromo.

Bertindak sebagai pembina apel Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, SH, M.H. Sedangkan Komandan Apel adalah Budi Utomo dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo.

Pada sambutannya Sekda Soeparwiyono menjelaskan alasan dipilihnya Gunung Bromo sebagai lokasi apel bersama adalah untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Gunung Bromo dan destinasi wisata lainnya di Kabupaten Probolinggo. “Apel di lautan pasir ini sekaligus sebagai ajang promosi destinasi wisata untuk menarik wisatawan agar berkunjung ke Bromo dan obyek wisata lainnya di Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Terkait peringatan Sumpah Pemuda Sekda Soeparwiyono menekankan pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

Apel di kaldera Bromo pagi itu semakin meriah dengan atraksi “Tari Dolanan Tengger” yang dibawakan oleh 150 siswa/siswi dari beberapa Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Sukapura. Tari Dolanan Tengger ini menceritakan keceriaan anak-anak Tengger bermain permainan tradisionalnya. Bahkan Sekda Soeparwiyono dan Ketua Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS) dr. Mirrah Samiyah yang juga hadir pagi itu ikut menari gembira bersama anak-anak Tengger.

Suasana apel menjadi khidmat saat prosesi pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda oleh Ketua Karang Taruna Kecamatan Sukapura Antonius Sonata yang masuk ke tengah lokasi apel menunggang kuda dikawal pasukan berkuda dan pasukan pembawa bendera merah putih.

Selain acara inti peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018, pagi itu diselipkan beberapa prosesi seperti pengumuman dan penyerahan hadiah pemenang Lomba Musikalisasi Kebangsaan tingkat Mahasiswa dan tingkat Pelajar serta pemenang lomba Penilaian Organisasi Kepemudaan (OKP).

Untuk Lomba Musikalisasi Kebangsaan tingkat Mahasiswa juara 1 BEM UPN, juara 2 Dema Inzah dan juara 3 BEM STIKES Hafshawaty. Untuk Lomba Musikalisasi Kebangsaan tingkat Pelajar juara 1 SMKN 1 Sumber, juara 2 SMKN 1 Dringu dan juara 3 SMAN 1 Leces. Sementara pemenang lomba OKP juara 1 BEM STIH Zainul Hasan, juara 2 Dema Inzah dan juara 3 Karang Taruna Desa Gading Wetan.

Di penghujung acara pagi itu dilakukan pengalungan tanda anggota Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS) oleh Sekda Soeparwiyono kepada Ketua FKPS dr. Mirrah Samiyah dan Koordinator Peduli Pelayanan Dasar Publik FKPS Bukhari Subhan. Pada kesempatan tersebut Sekda Soeparwiyono juga menyerahkan piagam penghargaan dari Gubernur Jawa Timur kepada FKPS yang dinyatakan lolos dua tatanan verifikasi penilaian Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2018.(i0n)

Post a Comment

0 Comments