Kementerian ESDM Berikan Paket Konverter BBM Ke BBG

TONGAS - Suasana Pantai Bahak Desa Curah Dringu Kecamatan Tongas, Selasa Rabu (31/10/2018) nampak lebih ramai dan meriah dari biasanya.

Pantai yang setiap harinya jadi tempat parkir perahu nelayan yang akan berangkat dan pulang melaut tersebut, hari itu menjadi lokasi berlangsungnya acara Pemberian Paket Konversi BBM ke BBG untuk Kapal Perikanan bagi Nelayan Kecil Program Kemitraan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Komisi VII DPR RI.

Sedianya Menteri ESDM Ignasius Jonan akan hadir, namun karena bersamaan dengan agenda Rapat Terbatas (Ratas) dengan Presiden maka kehadirannya diwakili oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Joko Siswanto yang datang bersama sejumlah pejabat Kementerian ESDM, petinggi Pertamina dan PGN. Hadir juga Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Ridwan Hisyam.

Kedatangan rombongan disambut oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE beserta pejabat Forkompida, beberapa Kepala OPD, Camat dan Kepala Desa sekitar lokasi acara. Sejumlan nelayan penerima paket bantuan juga hadir pagi itu.

Pada kesempatan tersebut Dirjen Migas Joko Siswanto menyerahkan secara simbolis paket konverter kit kepada perwakilan nelayan disaksikan Bupati Tantri dan segenap undangan yang hadir.

Pada sambutannya Joko Siswanto menjelaskan dengan menggunakan konverter dapat menghebat biaya operasional bahan bakar nelayan hingga 70. Menurutnya, biaya operasional untuk bahan bakar yang dikeluarkan nelayan bisa lebih hemat Rp. 30 ribu hingga Rp. 35 ribu. “Lumayan, bisa ditabung untuk uang saku anak,” ujarnya.

Joko Siswanto menambahkan, dengan pembagian paket perdana konverter BBM ke elpiji tersebut diharapkan bermanfaat untuk kapal nelayan kecil sebagai bahan bakar yang murah, nyaman, ramah lingkungan dan aman.

Sementara itu, Bupati Tantri berharap agar nelayan yang sudah mendapat bantuan paket konverter memanfatkan dan merawatnya dengan baik.

“Semoga tangkapan ikan nelayan Probolinggo terus meningkat. Pemerintah Daerah juga terus mendorong inovasi untuk usaha kecil sektor perikanan agar ekonomi nelayan makin maju dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

Paket konverter BBM ke LPG sudah diterima nelayan Kabupaten Probolinggo sejak tahun 2017 sejumlah 345 paket. Tahun 2018 kembali diserahkan paket konverter sebanyak 494 paket, yang penyerahan simbolisnya dilakukan hari itu. (i0n)

Post a Comment

0 Comments