Tasyakuran Kedatangan Jamaah Haji Kabupaten Probolinggo

Bimbingan bagi PNS Calon Jamaah Haji (CJH) bersama anggota DPR RI Komisi VIII Drs.H. Hasan Aminuddin,M.Si

PROBOLINGGO - Sebagai ungkapan rasa syukur usai melaksanakan ibadah haji, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Probolinggo menyelenggarakan acara Tasyakuran Kedatangan Jamaah Haji, Senin (8/10/2018) di Pendopo Kabupaten Probolinggo.

Jamaah haji Kabupaten Probolinggo yang telah menjalankan ibadah haji ke tanah suci tahun ini berjumlah 823 orang terbagi pada kloter 27 dan kloter 28.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB itu dihadiri oleh anggota DPR RI Komisi VIII Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo (Sekdakab) H. Soeparwiyono, SH, M.H, Ketua MUI Kabupaten Probolinggo KH. Munir Cholili, Ketua PCNU Kota Kraksaan KH. Nasrullah Ahmad Suja’i dan ketua PCNU Kabupaten Probolinggo KH. Abdul Hadi Saifullah.

Turut hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo yang diwakili oleh Kasi Haji H. Taufik, Ketua PD IPHI Kabupaten Probolinggo KH. Ahmad Masrur Nashor, Rais Suryah PCNU Kabupaten Probolinggo KH Jamaluddin Al Hariri, Ketua KBIH Kota Kraksaan KH. Abdul Wasik Hannan dan Ketua KBIH Kabupaten Probolinggo Taufiqusholeh.

Anggota DPR RI Komisi VIII Drs. H. Hasan Aminuddin M.Si selaku tim pengawas haji menyatakan, hasil perjuangan DPR RI komisi VIII tentang fasilitas haji sudah banyak dirasakan para jamaah haji indonesia. Banyak peningkatan fasilitas untuk kebutuhan jamaah haji Indonesia dibanding dengan sebelumnya.

“Selanjutnya akan terus dilakukan pengawasan dalam pelaksanaan ibadah haji, apa yang menjadi kekurangan nantinya sebagai bahan kajian untuk dipecahkan bersama oleh DPR RI Komisi VIII dengan Menteri Agama,” ujar H. Hasan Aminuddin.

Perwakilan jamaah haji Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono menyampaikan, fasilitas jamaah haji ini istiqomah dilaksanakan untuk kelancaran maupun kemudahan jamaah haji dalam melaksanakan ibadah haji di tanah suci dan belum ada di daerah lain. “Acara tasyakuran ini salah satu pelayanan Pemerintah Daerah agar supaya jamah haji selalu diberikan keselamatan baik dari pemberangkatan sampai pemulangan jamaah haji,” terangnya.

Sementara Kasi Haji Kemenag Kabupaten Probolinggo H. Taufik menyampaikan tahapan pelaksanaan ibadah haji dan pelayan jamaah haji mulai diawali tahap persiapan, pembukaan manasik haji dan praktek langsung pelaksanaan haji, pemberangkatan jamaah haji hingga tasyakuran. Termasuk juga penyediaan sarana transportasi untuk kelancaran jamaah haji Kabupaten Probolinggo sampai tahap pemulangan jamaah haji.(yono)

Post a Comment

0 Comments