Wabup Timbul Apresiasi Perkembangan IKM Kecamatan Lumbang

LUMBANG - Wakil Bupati Probolinggo Drs. H.A. Timbul Prihanjoko mengajak segenap lapisan masyarakat untuk terus membudayakan kebiasaan gotong royong yang merupakan warisan nenek moyang. Ditegaskannya, gotong royong merupakan warisan leluhur yang dapat mempererat tali silaturrahim dan memperkokoh semangat kebersamaan masyarakat.

Hal tersebut disampaikannya pada kegiatan “Gotong Royong Bersama Masyarakat” di Desa Lambang Kuning Kecamatan Lumbang, Selasa (16/10/2018) pagi. “Kegiatan ini merupakan agenda rutin pemerintah daerah untuk melihat dari dekat kehidupan masyarakat sekaligus membudayakan kebiasaan gotong royong. Semoga kegiatan semacam ini dapat diteruskan di lingkungan masing-masing dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari,” ujarnya.

Wabup Timbul juga mengapresiasi semakin berkembangnya usaha kecil dan industri rumah tangga di Kecamatan Lumbang yang hari itu berkesempatan memamerkan produk-produknya. “Produk harus dikemas dengan baik dan menarik serta menyesuaikan dengan tren yang diinginkan pasar saat ini. Dengan demikian produk industri kecil dan rumah tangga dapat bersaing dengan produk lain di pasaran,” imbuhnya.

Kegiatan yang dihadiri beberapa Kepala SKPD, Forkopimka Lumbang, seluruh kepala desa dan masyarakat Lumbang ini diawali dengan peninjauan beberapa produk UKM dan industri rumah tangga yang ada di Kecamatan Lumbang.

Peninjauan dilanjutkan ke kandang penggemukan domba yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lambang Kuning yang bersebelahan dengan lokasi kegiatan. Tak hanya meninjau, Wabup Timbul juga sempat memberi pakan pada domba ternak sambil berdialog dengan pengelola BUMDes.

Kembali Wabup Timbul mengapresiasi inisiatif BUMDes se Kecamatan Lumbang yang kompak memilih penggemukan domba sebagai bidang usahanya. Wabup Timbul berpesan agar usaha penggemukan domba tersebut dikelola BUMDes sesuai ketentuan dan berkoordinasi serta tak segan-segan untuk konsultasi dengan instansi terkait.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Heri Sulistianto melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan Masyarakat Puja Kurniawan menjelaskan, Gotong Royong Masyarakat Bersama Bupati di Desa Lambang Kuning ini merupakan kegiatan pertama dari empat agenda yang akan dilaksanakan hingga akhir tahun 2018. Kegiatan serupa akan dilaksanakan di Desa Asembagus Kecamatan Kraksaan (30/10/2018), Desa Guyangan Kecamatan Krucil (5/11/2018) dan di Desa Sariwani Kecamatan Sukapura (22/11/2018).(i0n)

Post a Comment

0 Comments