Wabup Timbul Secara Resmi Buka Gala Desa Piala Menpora 2018

PIATON - Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko secara resmi membuka Gala Desa Piala Menpora Tahun 2018 yang diadakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia di Lapangan Desa Sukodadi Kecamatan Paiton, Sabtu (13/10/2018) pagi.

Pembukaan Gala Desa Piala Menpora ini dihadiri oleh Asdep Industri dan Promosi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Sandi Suwardi Hasan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj Nunung Timbul Prihanjoko, Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko, Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo M Sidik Widjanarko, perwakilan OPD dan pengurus cabang olahraga (cabor), Camat Paiton M Yasin dan Forkopimka Paiton.

Gala Desa Piala Menpora tahun 2018 ini diikuti oleh atlet-atlet lokal se-Kabupaten Probolinggo. Meliputi cabor bola voli, atletik, bulutangkis dan tenis meja sebanyak 300 orang atlet, 50 orang pelatih dan 50 orang wasit. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 13 Oktober hingga 11 Nopember 2018.

Untuk cabor bola voli dilaksanakan di Lapangan Sukodadi Kecamatan Paiton, 13 hingga 20 Oktober 2018, atletik di Lapangan Desa Kedungdalem Kecamatan Dringu, 27 Oktober 2018, tenis meja di Paseban Alun-alun Kota Kraksaan, 3 hingga 4 Nopember 2018 dan bulutangkis di GOR Wijaya Maron, 10 hingga 11 Nopember 2018.

Pembukaan Gala Desa Piala Menpora Tahun 2018 ini ditandai dengan penyerahan tropy dari Asdep Industri dan Promosi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Sandi Suwardi Hasan kepada Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko.

Dalam laporannya Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko mengungkapkan Gala Desa Piala Menpora Tahun 2018 di Kabupaten Probolinggo bertujuan untuk mewujudkan gerakan ayo olahraga. Budaya olahraga bangun Indonesia dari pedesaan dengan tema Gala Desa, aksi nyata untuk bangsa.

“Kegiatan Gala Desa Piala Menpora Tahun 2018 ini sejalan dengan program dari Disporaparbud Kabupaten Probolinggo berupa pembinaan atlet-atlet dari bawah. Karena sumber potensi atlet di Kabupaten Probolinggo sangat bagus. Ke depannya kami akan melakukan single event untuk mencari bibit atlet terbaik di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Sementara Asdep Industri dan Promosi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Sandi Suwardi Hasan mengatakan sebagai sesama bangsa Indonesia harus bersyukur karena atlet-atlet kebanggaan Indonesia sudah banyak menuai prestasi baik di Asian Games 2018 maupun Asian Paragames 2018.

“Prestasi ini sebenarnya sudah diramalkan bahwasanya Indonesia pada tahun 2030 mendatang akan menjad bangsa yang sangat besar. Siapa yang akan mengisi tahun 2030 ini? Tentunya bukanlah kami-kami yang sekarang ini sedang duduk di depan. Tetapi yang akan mengisinya adalah adik-adik semua. Oleh karena itu, teruslah berjuang demi meraih prestasi,” katanya.

Menurut Sandi, Gala Desa merupakan salah satu program unggulan di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Pihaknya mengaku sangat bangga bisa hadir di Kabupaten Probolinggo. Oleh karena itu, banggalah menjadi warga masyarakat Kabupaten Probolinggo. “Saya titip supaya Kabupaten Probolinggo terus mengembangkan olahraga pencak silat. Karena branding olahraga Indonesia ke depan adalah pencak silat. Saya yakin disini banyak pendekar-pendekar pencak silat. Kami berharap akan muncul atlet pencak silat yang berkancah di ajang Internasional dari Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Sementara Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini yang merupakan sinergitas dari Disporaparbud Kabupaten Probolinggo dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan output yang baik bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Probolinggo dan melahirkan bibit atlet-atlet muda berbakat,” harapnya.

Menurut Wabup Timbul, kegiatan semacam ini sangat bagus untuk diselenggarakan karena merupakan cara mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. “Untuk itu saya ucapkan selamat datang dan selamat bertanding,” terangnya.

Wabup Timbul mengaku sangat bangga dengan program satu desa satu lapangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat. Dimana salah satu tujuan dari keberadaan lapangan ini agar masyarakat ada kegiatan. “Dengan adanya kegiatan di lapangan, maka semuanya akan bergerak. Salah satunya adanya pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui usaha kecil dan menengah. Tentunya hal ini akan mengangkat perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Partai pembuka Gala Desa Piala Menpora Tahun 2018 diawali dengan pertandingan cabor bola voli di Lapangan Desa Sukodadi Kecamatan Paiton. Pertandingan ini ditandai dengan penyerahan bola voli dari Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko kepada Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko. (Zidni Ilman)

Post a Comment

0 Comments