BPBD Lakukan Normalisasi Sungai Banyubiru

GENDING - Untuk mengantisipasi terjadinya banjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo melakukan kerja bakti normalisasi Sungai Banyubiru di Desa Pajurangan Kecamatan Gending, Jum’at (23/11/2018) pagi.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 100 orang. Selain BPBD Kabupaten Probolinggo, turut serta pula jajaran dari Kecamatan Gending, Polsek Gending, Koramil Gending, relawan BPBD, perangkat desa dan masyarakat Desa Pajurangan Kecamatan Gending.

Kerja bakti ini dilakukan dengan aksi bersih-bersih sepanjang aliran Sungai Banyubiru mulai dari timurnya Pasar Pajurangan ke utara. Pohon-pohon dan rumput-rumput liar yang menghalangi jalannya arus sungai ditebang dan dibersihkan. Aliran sungai yang agak dangkal dilakukan pengerukan sehingga aliran sungai menjadi lancar.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengungkapkan normalisasi sungai Banyubiru ini dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang sering terjadi di musim penghujan. Pasalnya pada saat musim hujan, sungai ini sering meluap dan menggenangi rumah-rumah masyarakat.

“Selain untuk antisipasi bencana banjir memasuki musim hujan, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar waspada menghadapi bencana banjir,” katanya.

Anung mengharapkan kerja sama dari masyarakat agar bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, terutama tidak membuang sampah di sungai. Karena sampah-sampah ini yang bisa menyumbat pada aliran sungai Banyubiru Desa Pajurangan Kecamatan Gending.

“Melalui kegiatan diharapkan airnya bisa lancar, kalaupun banjir tidak sampai meluap ke perkampungan karena setiap banjir air sungai selalu meluap ke perkampungan, khususnya di Desa Pajurangan Kecamatan Gending,” harapnya.

Sementara Camat Gending Muhamad Ridwan mengaku sangat mendukung sekali dan memberikan apresiasi atas antusias masyarakat dan pemerintah Desa Pajurangan yang sangat tinggi untuk terlibat dalam kegiatan kerja bakti normalisasi sungai Banyubiru sebagai upaya untuk mencegah banjir di musim hujan.

“Mudah-mudahan dengan kebersamaan dan kekompakan dari masyarakat ini mampu mencegah terjadinya banjir pada waktu musim hujan. Dengan demikian masyarakat tidak perlu was-was lagi rumahnya tergenang akibat meluapnya air sungai Banyubiru karena selama ini aliran sungainya yang tidak lancar,” harapnya. (Zidni Ilman/Melody)

Post a Comment

0 Comments