Pemkab Probolinggo Raih Penghargaan Terbaik I Kerjasama Dan Penggunaan Data BPS Tahun 2018

SURABAYA - Satu lagi prestasi diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Kali ini penghargaan diberikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) kepada Pemkab Probolinggo sebagai Terbaik I Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Kerjasama dan Penggunaan Data BPS Kabupaten/Kota Terbaik se Jawa Timur Tahun 2018.

Trophy penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo didampingi Kepala BPS RI Suhariyanto dan diterima oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE pada pembukaan Statistical Capacity Building Bupati/Walikota se-Jawa Timur, Selasa (6/11/2018) di Ballroom C Shangrilla Hotel Surabaya. Selain Kabupaten Probolinggo, Kota Kediri dan Kabupaten Sidoarjo juga meraih penghargaan tersebut sebagai Terbaik II dan Terbaik III.

Pada sambutannya Gubernur Soekarwo menekankan pentingnya data yang dihasilkan BPS. Menurutnya data BPS berperan penting bagi pemerintah baik pusat dan daerah dalam pengambilan keputusan yang tepat sasaran dan sesuai kebutuhan. “Kita harus menggunakan data ini betul-betul sesuai kebutuhan dan kepentingan agar tidak bias,” tegasnya.

Sementara Bupati Tantri usai menerima penghargaan mengungkapkan, prestasi ini merupakan bentuk penghargaan atas kerjasama yang telah terjalin baik dengan BPS khususnya dalam pemanfaatan data-data Kabupaten Probolinggo. “Berdasarkan data-data dari BPS dapat diambil kebijakan yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi aktual di lapangan,” terangnya.

Kepala BPS Kabupaten Probolinggo Djudjuk Widhilaksana menjelaskan, data yang dirilis BPS digunakan oleh Pemkab Probolinggo dalam merencanakan berbagai program dan kegiatan. Data-data dari BPS juga digunakan sebagai bahan evaluasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan.

Djudjuk menambahkan, data BPS diakui pemerintah dan dapat dipertanggungjawabkan karena menggunakan metodologi yang berstandar internasional. “BPS dalam menjalankan tugas dan fungsinya selalu menjaga independensi, objektif dan profesional,” tegasnya.(i0n)

Post a Comment

0 Comments