Puluhan Siswa Kelas V SD Ramaikan Olimpiade Bahasa

KRAKSAAN - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo, Rabu (14/11/2018) menggelar olimpiade bahasa tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2018. Olimpiade bahasa ini meliputi 3 (tiga) kategori diantaranya Bahasa Inggris, Bahasa Jawa dan Bahasa Madura.

Olimpiade Bahasa ini diikuti oleh 72 siswa kelas V SD yang merupakan juara di tingkat kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Terdiri dari 24 siswa untuk Bahasa Inggris, 24 siswa untuk Bahasa Jawa dan 24 siswa untuk Bahasa Madura.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Fathur Rozi mengatakan olimpiade bahasa ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan prestasi siswa di bidang bahasa yang fokus kepada bahasa Inggris dan bahasa lokal (Jawa dan Madura).

“Bahasa Indonesia memang tidak masuk, karena Bahasa Indonesia sudah ada dan dibuat bahan ujian. Sengaja kami fokus kepada Bahasa Inggris, Jawa dan Madura. Karena tiga bahasa ini menjadi bahan dalam muatan lokal,” katanya.

Dengan adanya olimpiade bahasa ini Rozi mengharapkan nantinya akan muncul bibit-bibit prestasi siswa. Dengan demikian akan membuat anak itu terbiasa dalam bahasa internasional namun tidak melupakan bahasa lokal.

“Olimpiade bahasa ini merupakan salah satu bagian dalam pengembangan program muatan lokal di jenjang SD se-Kabupaten Probolinggo. Kalau berfikir ke depan dengan hiruk pikuk teknologi, maka kita tidak boleh ada alasan tidak mengenal bahasa internasional,” tegasnya.

Dalam Olimpiade Bahasa ini baik Bahasa Inggris, Jawa dan Madura, masing-masing siswa dan siswi harus mengerjakan soal sebanyak 50 soal. Terdiri dari 35 soal pilihan ganda, 10 soal isian dan 5 soal uraian. Nanti hasil nilai dari mengerjakan soal ini akan dirangking dan diketahui hasilnya mulai dari nilai tertinggi sampai terendah.

Setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri, maka untuk kategori Bahasa Inggris juara 1 diraih oleh M. Wildan Nashirul F dari SD Taruna DZ Leces, juara 2 diraih oleh M. Z. Ilmia Rafi dari SDN Sebaung 1 dan juara 3 diraih Ghibran Mohammad Ridho dari SDN Sukodadi II.

Selanjutnya untuk kategori Bahasa Jawa juara 1 diraih oleh Bayu Yuda H dari SDN Patokan I, juara 2 diraih M. Salwa Arya Kalingga dari SDN Taruna DZ Leces dan juara 3 diraih oleh Alama’atus Sholeha Fitri A dari SDN Selogudig Kulon.

Kemudian untuk kategori Bahasa Madura, juara 1 diraih oleh Andika Sakim dari SDN Kotaanyar 1, juara 2 diraih oleh Mega Arifah Hidayatullah dari SDN Alas Tengah 2 dan juara 3 diraih oleh Mar’atun Hamidah dari SDN Pakuniran 2. (Zidni Ilman)

Post a Comment

0 Comments