Ramaikan Sepeda Nusantara, Ribuah Penggowes Tumpah Ruah Di Alun Alun Kraksaan

KRAKSAAN - Ribuan penggowes dari segala penjuru di Kabupaten Probolinggo turut meramaikan kegiatan Sepeda Nusantara tahun 2018 yang digelar oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Sabtu (1/12/2018) pagi.

Kegiatan Sepeda Nusantara tahun 2018 yang mengambil tema “Ayo Olahraga, Bangun Indonesia” ini mengambil rute sejauh 15 kilometer dengan start dan finish di Alun-alun Kota Kraksaan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Deputi (Asdep) Peningkatan Kapasitas Pemuda pada Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI I Gusti Putu Raka Pariana, anggota Komisi XI DPR RI Faisol Risa, Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sidik Widjanarko, Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Ribuan penggowes ini sudah mulai berdatangan di Alun-alun Kota Kraksaan sejak pukul 05.30 WIB. Kegiatan ini diawali dengan senam bersama dan senam ayo berolahraga. Ribuan penggowes ini dengan semangat ikut bersama-sama melakukan gerakan senam kurang lebih sekitar 30 menit.

Sekitar pukul 07.00 WIB, ribuan penggowes Sepeda Nusantara ini dilepas secara resmi oleh Asisten Deputi (Asdep) Peningkatan Kapasitas Pemuda Kemenpora RI I Gusti Putu Raka Pariana. Selanjutnya para penggowes ini menyusuri rute sejauh 15 kilometer.

Dari Alun-alun Kota Kraksaan penggowes ke arah barat melewati Jalang Panglima Sudirman dan belok ke selatan melewati Jl Mayjen Suprapto hingga ke Desa Bulu. Dari penggowes menyusuri jalan Desa Sumberkatimoho-Kedungcaluk-Widoro dan Gebangan Kecamatan Krejengan. Kemudian belok kiri melewati SDN Rangkang 1 hingga tembus Kelurahan Kandangjati Kulon. Selanjutnya penggowes belok ke arah kiri melewati SMAN 1 Kraksaan dan finish di Alun-alun Kota Kraksaan.

Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko mengungkapkan kegiatan Sepeda Nusantara tahun 2018 ini intinya bertujuan bagaimana membangun budaya masyarakat dengan olahraga. Artinya bagaimana orang sehat menjadi budaya dan lifestill gaya hidup masyarakat Kabupaten Probolinggo. Melalui sepeda ini salah satunya adalah membuat gaya hidup masyarakat Kabupaten Probolinggo gemar dengan olahraga.

“Harapan kita ke depan bahwa dengan bersepeda banyak masyarakat yang tidak harus menunggu pemerintah, tapi ini merupakan bagian dari contoh saja bahwa olahraga bersepeda itu menyehatkan sehingga komunitas-komunitas ini bisa menyelenggarakan sendiri tidak hanya menunggu pemerintah. Tetapi pemerintah tetap akan memfasilitasi kegiatan-kegiatan semacam ini,” ungkapnya.

Sementara Asdep Peningkatan Kapasitas Pemuda Kemenpora RI I Gusti Putu Raka Pariana menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo karena telah menyiapkan segala fasilitas demi terselenggaranya program unggulan Kemenpora RI dan Pemkab Probolinggo ini.

“Sepeda Nusantara ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan masyarakat yang sehat. Karena kesehatan adalah kunci untuk bahagia. Marilah kita bersama-sama memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat melalui kegiatan Sepeda Nusantara,” ajaknya.

Dalam kesempatan tersebut, panitia menyediakan beragam hadiah menarik mulai dari puluhan hadiah hiburan seperti kipas angin, rice cooker, kompor gas, lemari es hingga hadiah utama berupa 3 (tiga) unit sepeda polygon. Serta hadiah kejutan berupa 1 (satu) ekor kambing dan hadiah umroh. (Zidni Ilman/Melody)

Post a Comment

0 Comments