Musik Religi Dan Festival Hadrah On The Street Meriahkan Malam Pergantian Tahun

KRAKSAAN,PORTAL PROBOLINGGO - Pergantian tahun menjadi salah satu momen yang dinanti nanti oleh masyarakat. Di malam pergantian tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mengelar acara Festival Musik Religi dan Festival Seni Hadrah On The Street, Senin (31/12/2018) di Alun alun Kota Kraksaan.

Festival Musik Religi ini dihadiri oleh anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin M.Si dan segenap anggota Forkopimda Kabupaten Probolinggo. Hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dan pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Probolinggo.

Sebelum festival musik dimulai, diawali dengan acara pendukung Festival seni hadrah On The Street yang diikuti 72 Group Al Banjari se Kabupaten Probolinggo. Peserta festival dilepas oleh H. Hasan Aminuddin didepan SMAN 1 Kraksaan tepat pukul 20.00 WIB dan finish di Alun-Alun Kota Kraksaan.

Dari penilaian dewan juri, juara pertama diraih oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Rangkang, juara kedua diraih oleh MWCNU Besuk dan juara ketiga Al Mabrur dari Kecamatan Gending. Sementara juara harapan pertama diraih oleh Hidayatullah Kecamatan Dringu, harapan kedua diraih oleh Alhusni Desa Sumberkatimoho Kecamatan Krejengan dan harapan ketiga diraih oleh Baitul Abror dari Desa Rondokuning Kecamatan Kraksaan.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan M. Sidik Widjanarko menyampaikan, Festival Hadrah On The Street merupakan salah satu upaya untuk melestarikan seni budaya hadrah yang ada di Kabupaten Probolinggo. Ini adalah kali ketiga Festival Musik Religi dan Festival Seni Hadrah On the Street digelar pada pergantian tahun.

Sementara H. Hasan Aminuddin memberikan apresiasi atas digelarnya pagelaran musik religi bernuansa Islami untuk menyambut pergantian tahun. Dengan festival musik Islami ini, anak anak muda bersholawat dengan iringan musik gambus balasyik. “Daripada menjelang tahun baru dirayakan dengan konvoi sepeda motor brong yang dampaknya membawa malapetaka bagi anak anak muda,” ujarnya.

H. Hasan Aminuddin mengingatkan para orang tua agar selalu menjaga dan mengarahkan anak anaknya untuk selalu berbuat yang positif dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Sebagai tanda bergantinya tahun dari 2018 ke 2019, H. Hasan Aminuddin didampingi segenap anggota Forkopimda Kabupaten Probolinggo secara simbolis melakukan pemukulan bedug sebagai penanda tahun yang baru.(y0n0)

Post a Comment

0 Comments