Stop Eksploitasi Primata Sekarang Juga



05_am wildlife Photography - Perburuan dan perdagangan Primata harus dihentikan!!! agama apapun telah melarang  umatnya untuk menyakiti bahkan memburu satwa liar jenis apapun jika tidak dalam keadaan darurat. Namun faktanya perburuan untuk kesenangan dan tujuan komersial terjadi dimana-mana dengan sangat massif. 

Primata juga salah satu satwa liar yang mempunyai peran kunci dalam suatu ekologi alam, khususnya di habitat gunung hutan. Keberadaan primata pada suatu kawasan gunung hutan bisa disebutkan sebagai bio indikator bahwa kawasan tersebut dalam kondisi terjaga keutuhan dan kelestarian vegetasinya sebagai penunjang utamanya. 

Salah satunya adalah keberadaan lutung jawa yang sangat erat kaitannya dengan kondisi lingkungan yang bagus sehingga memungkinkan terjaminnya ketersediaan pangan mereka sehari-hari. Kondisi kawasan gunung hutan semacam ini tentu tidak hanya akan menjamin keberlangsungan hidup bagi primata saja, tetapi juga bagi kehidupan manusia disekitarnya. Hutan yang sehat dan terawat akan memberikan manfaat ekologi, manfaat lindung, dan manfaat ekonomi bagi manusia disekitarnya. 

Upaya pelestarian primata yang telah di upayakan oleh beberapa aktifis lingkungan selama ini tentu saja akan seiring dengan upaya perlindungan habitat hutan sebagai rumah bagi primata. Selamat Hari Primata Indonesia tahun 2019, semoga masa depan Primata Indonesia lebih baik kedepannya. (Trisianto)

Post a Comment

0 Comments