Tim Gabungan Tertibkan Pedagang Pasar Semampir


KRAKSAAN – Tim gabungan Kabupaten Probolinggo terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Polsek Kraksaan dan Koramil Kraksaan melakukan penertiban pedagang Pasar Semampir Kecamatan Kraksaan yang berjualan di tepi jalan dan area parkir Pasar Semampir, Kamis (14/2/2019) pagi.

Penertiban ini melibatkan ratusan personil Satpol PP Kabupaten Probolinggo dibantu oleh puluhan personil Dishub Kabupaten Probolinggo. Penertiban ini dimulai sekitar pukul 07.30 WIB yang ditandai dengan apel bersama di halaman parkir Pasar Semampir.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi, Kepala Disperindag Mahbub Zunaidi, Camat Kraksaan Muhamad Ridwan dan jajaran Forkopimka Kraksaan serta Koordinator Pasar Semampir.

Penertiban ini diawali dengan melakukan penertiban para pedagang yang berjualan di halaman parkir Pasar Semampir. Puluhan bedak dan tenda para pedagang ditertibkan oleh para petugas Penegak Perda tersebut. Tenda-tenda ini selanjutnya dibuka dan diangkut ke Mako Satpol PP Kabupaten Probolinggo. Sementara bedaknya diangkut ke lantai II Pasar Semampir.

Selanjutnya para personil Satpol PP ini bergerak ke tepi jalan yang berada di area Pasar Semampir. Para pedagang yang berjualan di tepi-tepi jalan dihimbau untuk pindah ke lantai II. Sementara lapak-lapak pedagang yang memakan bahu jalan diminta untuk di bongkar. Karena trotoar peruntukkannya untuk pejalan kaki. Selain itu, keberadaan para pedagang di tepi jalan ini juga mengganggu para pengguna jalan dan menyebabkan macet.

Dalam kesempatan tersebut, para personil Satpol PP ini membantu para pedagang membongkar lapak-lapaknya yang melebihi bahu jalan. Pembongkaran lapak pedagang di tepi jalan ini dilakukan di sisi depan dan barat Pasar Semampir. Sementara pedagang di jalan sisi timur bersedia membongkar sendiri lapaknya.

Pembongkaran lapak pedagang di tepi jalan ini sempat membuat macet jalan. Karena petugas membawa material lapak ini di sisi selatan jalan sehingga bolak balik menyeberang jalan. Selain itu banyak pengguna jalan yang berhenti untuk sekedar melihat pembongkaran lapak tersebut. Namun kemacetan tersebut tidak berlangsung lama berkat kesigapan dari personil Dishub serta TNI/Polri yang ikut membantu mengatur arus lalu lintas.

Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi mengungkapkan penertiban pedagang Pasar Semampir, khususnya yang berada di tepi jalan ini dilakukan karena lapak dan bedak para pedagang tersebut sudah memakan sebagian bahu jalan. Sehingga supaya lebih tertib maka dilakukan upaya pembersihan dan penertiban para pedagang.

“Kami sudah memberikan peringatan sebanyak dua kali dan ini yang ketiga kalinya. Dengan kesadaran sendiri mereka akhirnya membongkar barang dagangannya dengan dibantu oleh petugas. Nantinya para pedagang ini akan menempati lantai II Pasar Semampir. Karena bahu jalan ini harus bersih dari pedagang. Sebab banyak pengaduan dari masyarakat yang aktifitasnya terganggu karena terjadi kemacetan akibat membludaknya pedagang di tepi jalan,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi. Menurutnya, penertiban para pedagang ini sudah sesuai dengan prosedur. Karena mereka sudah diberikan dua kali surat peringatan dan pada SP2 sudah dihimbau agar memindahkan barang dagangannya sendiri ke lantai II Pasar Semampir.

“Disini kami sifatnya membantu para pedagang untuk membongkar dan memindahkan dagangannya ke pasar. Upaya ini merupakan bagian dari kegiatan persuasif kepada para pedagang agar bisa berdagang di lantai II Pasar Semampir sehingga tidak mengganggu para pengguna jalan yang mengeluh sering macet,” katanya.

Rencananya upaya penertiban pedagang Pasar Semampir Kecamatan Kraksaan ini akan dilakukan oleh tim gabungan secara rutin setiap seminggu sekali. Sehingga harapannya Pasar Semampir bisa terlihat bersih dan memberikan rasa nyaman kepada para pembeli yang datang untuk berbelanja. (Zidni Ilman)

Post a Comment

0 Comments