Bangkitkan Kejayaan Kopi Melalui Festival Desa Wisata 2019

KRUCIL – Jangan ngaku pecinta kopi sebelum merasakan kopi Krucil merupakan jargon yang banyak didengungkan menjelang pelaksanaan Festival Desa Wisata 2019 yang akan digelar selama dua hari pada Jum’at hingga Sabtu, 28-29 Juni 2019 di Desa Bermi Kecamatan Krucil.

Hal ini tidak mengherankan karena selama tiga tahun terakhir ini kopi lokal Kabupaten Probolinggo seakan bangkit dari tidur panjangnya dan tampil dengan segala pesona kualitasnya. Tidak dipungkiri hal ini kemudian turut mendongkrak tren wisata serta membawa iklim bagus pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Festival desa wisata merupakan tindak lanjut dari dua festival kopi yang sebelumnya sukses membawa nama kopi lokal Kabupaten Probolinggo lebih dikenal masyarakat luas. Kali ini dengan dengan kemasan yang berbeda, masyarakat diajak terlibat langsung pada salah satu proses yang menjadi kunci pertama menghasilkan kopi berkualitas, yakni petik merah buah kopi.

“Inilah salah satu wujud apresiasi Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk mendorong masyarakat lokal dalam meningkatkan kualitas potensinya sebagai daya tarik wisata. Kami berharap kedepan hal ini diikuti oleh desa-desa lainnya,” ungkap Nanang Trijoko Suhartono, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo.



Lebih lanjut Nanang menjelaskan kegiatan yang dikemas secara terpadu ini diharapkan efektif dalam mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan potensi lokal. Oleh karenanya dengan menghadirkan Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Probolinggo, diharapkan akan muncul potensi-potensi lain sebagai penunjang sektor wisata di wilayah lainnya.

“Pada umumnya selain kaya akan budaya dan destinasi wisata alam, Kabupaten Probolinggo juga dikenal sebagai daerah agropolitan wilayah timur. Sangat dibutuhkan peran aktif masyarakat lokal dalam mengembangkan potensi ini untuk menjadi sebuah daya tarik wisata,” tandas mantan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo ini.

Senada hal tersebut H Wahid Nurahman mewakili jajaran pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo menuturkan Kabupaten Probolinggo memiliki potensi besar berupa destinasi wisata indah yang tidak kalah menarik dengan daerah lain. Produk unggulan masyarakat lokal pun dari waktu ke waktu juga terus tumbuh semakin berkualitas.

“Sebuah destinasi wisata akan tumbuh pesat jika didalamnya juga ditunjang oleh aspek lainnya. Oleh sebab itu kedepan secara bertahap kami akan terus mendorong pengembangan wisata dan produk lokal lainnya secara terpadu,” pungkasnya. (Trisianto/pro)

Post a Comment

0 Comments