FPTI Segera Kibarkan Sang Merah Putih Di Tebing Andesit Kalipedati Krucil

KRAKSAAN – Penuh semangat, komunitas panjat tebing binaan Pengkab Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Probolinggo memiliki cara khusus untuk mengobarkan semangat patriotik dan menanamkan nilai nasionalisme cinta tanah air.

Memanfaatkan momentum peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia bersama segenap elemen masyarakat setempat para penggiat olahraga panjat tebing ini bakal mencatatkan sejarah pertama kalinya di Kabupaten Probolinggo. Yakni melalui upacara pengibaran bendera 17 Agustus 2019 pada tebing andesit Kalipedati setinggi 75 meter.

Oka Hadi, ketua pelaksana pengibaran bendera di tebing Kalipedati mengatakan melalui aksi patriotik tersebut diharapkan mampu menjadi tonggak penanda semangat para atlet panjat tebing Kabupaten Probolinggo untuk mengharumkan nama daerah melaui prestasi cabang olahraga panjat tebing kedepannya.

“Misi keduanya adalah turut andil dalam memajukan dan meramaikan destinasi wisata alam melalui kegiatan-kegiatan eksplorasi potensi tebing alam yang notabene banyak terdapat pada lokasi wisata alam di Kabupaten Probolinggo,” ungkap Oka, sapaan karib pria asal Surabaya ini.

Lebih lanjut Oka menjelaskan, sebelum puncak pelaksanaan pengibaran bendera merah putih, Sabtu (17/8/2019) itu, pihaknya juga akan menggelar rangkaian kegiatan rekreatif, gratis dan terbuka untuk umum selama dua hari, Kamis dan Jum’at (15-16/8/2019) di lokasi tebing andesit dekat dengan spot air terjun Kalipedati.

Ada gelar budaya lokal, tradisi minum air aren dan kirab pasukan bendera merah putih pada kegiatan Kamis (15/8/2019). Kemudian pada hari Jum’at (16/8/2019) nya dilanjutkan kegiatan sarasehan, fun camping dan fun climbing experience bagi siapa saja yang ingin mencoba sensasi adrenalin olahraga panjat tebing.

“Kami harap kegiatan ini mampu mengedukasi masyarakat tentang olahraga panjat tebing dan manfaat potensi pengembangannya bagi masyarakat lokal setempat. Semoga kegiatan ini berjalan sukses, aman dan lancar tanpa kendala berarti,” tandas Sekretaris Pengkab FPTI Probolinggo ini.(dra)