Kibarkan Bendera Raksasa di Tebing Kalipedati

KRUCIL – Lawan gravitasi dan taruhkan nyawa demi kibarkan Sang Saka Merah Putih, empat atlit panjat tebing Kabupaten Probolinggo berhasil membentangkan bendera Merah Putih pada tebing andesit setinggi 74 meter di kawasan air terjun Kalipedati, Desa Kalianan Kecamatan Krucil, Kamis (15/8/2019) pagi. 
 
Atlit panjat tebing yang bertugas sebagai pengibar bendera tersebut merupakan putra daerah Kabupaten Probolinggo dan dua orang diantaranya adalah warga Desa Kalianan itu sendiri. Sementara dua orang lainnya adalah bapak dan anak asal Kota Kraksaan. 

Aksi patriotik yang terangkai bersama kegiatan apel bendera bertajuk “Rindu Merah Putih” tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko. Kegiatan ini diikuti oleh segenap pejabat Pemerintah Kabupaten Probolinggo serta masyarakat dari berbagai elemen.

Dalam sambutannya, Wabul Timbul Prihanjoko mengapresiasi keberanian para atlit dalam menapaki sejengkal demi sejengkal tebing dengan sudut yang begitu extreme. Dibutuhkan nyali besar dan tekad bulat sehingga aksi patriot dalam rangka merayakan HUT ke-74 Kemerdekaan RI ini berjalan sukses, aman dan lancar. 

“Saya harap kegigihan dan kesolidan tekad para pemanjat tebing ini agar menjadi inspirasi bagi kita semua. Bahwa dengan dua hal tersebut sebesar apapun keinginan kita akan terasa mudah untuk kita raih,” katanya.

Apresiasi selanjutnya adalah kepada segenap warga masyarakat yang sejak awal datang berbondong-bondong untuk mengikuti jalannya apel bendera kali ini. Hal ini menunjukkan suatu keinginan dan cita-cita besar dari warga masyarakat setempat dalam memajukan daerahnya. 

“Ayo Pak Camat, kepala desa dan segenap aparatur desa beserta masyarakat Desa Kalianan, kita bulatkan tekad untuk memajukan destinasi wisata ini agar lebih dikenal ke seluruh penjuru dunia. Kami yakin Kalipedati sangat berpotensi untuk dikembangkan, karena alamnya masih utuh dan begitu eksotis,” himbaunya. 

“Saya harap sejarah hari ini menjadi momentum bagi kita semua untuk lebih bersemangat dalam mengangkat destinasi wisata lainnya. Syukur Alhamdulillah kami ucapkan selamat dan sukses kepada FPTI Kabupaten Probolinggo dan para atlit serta seluruh instansi yang terlibat,” pungkasnya.

Apel bendera tersebut diawali dengan kirab merah putih menyusuri bantaran sungai sepanjang satu kilometer dan berakhir di spot air terjun Kalipedati. Puncaknya Wabup Timbul Prihanjoko selaku pimpinan apel saat itu menyerahkan bendera merah putih kepada tim pengibar bendera dari atlit FPTI Kabupaten Probolinggo untuk kemudian melaksanakan pengibaran bendera di atas tebing andesit setinggi 74 meter. 

Bersamaan dengan itu pula, Camat Krucil Febry Ilham Hidayat berkesempatan mengukuhkan Wabup Timbul Prihanjoko dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Wahid Nurahman sebagai Warga Kehormatan Kecamatan Krucil yang ditandai dengan penyematan udheng khas Krucil dan rangkaian bunga melati. (dra)

Post a Comment

0 Comments