Kunjungi Pelajar Asal Papua, Kapolres Berikan Jaminan Keamanan


PROBOLINGGOJaga Perbedaan dalam bingkai persatuan, itulah yang dilakukan oleh Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.Hum saat mengunjungi para pelajar dari Papua yang sedang bersekolah di wilayah Kota Probolinggo. Bertempat di SMAK Materdei Probolinggo, kegiatan ini turut dihadiri oleh para PJU Polres Probolinggo Kota,  Panit Binmas Polsek Mayangan Ipda Juminem, Kepala Sekolah SMAK Materdei Suster Stefina, M. Pd, Guru Matematika Bpk. Afan serta 11 Siswa siswi SMAK Materdei asal Papua.

“Kami dari jajaran Polres Probolinggo Kota memberikan jaminan keamanan kepada teman-teman Papua yang ada di Kota Probolinggo. Jika ada keluh kesah dan hal-hal yang merisaukan, mari sampaikan kepada kami dan dicarikan solusi untuk mengatasi persoalan tersebut.” Terang Kapolres, Senin (20/08/19) pagi.

Kapolres juga meminta kepada para pelajar untuk saling menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, dan tidak mudah terpengaruh berita bohong yang marak beredar di berbagai macam media sosial. Kapolres juga menghimbau kepada masyarakat  untuk tetap menjaga kondusifitas wilayah di hukum Polres Probolinggo dan tidak mudah terpancing dengan aksi kerusuhan yang berkaitan dengan mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, serta kerusuhan yang terjadi di Papua Barat.

“Saya merasa senang sekali bisa bertemu dan melihat kalian semua, jika nanti kembali pulang ke Papua saya titip salam kepada saudara dan kerabat yang ada disana.” Ucap Kapolres.

Thomas, salah satu pelajar dari Papua juga mengungkapkan bahwa situasi di kota Probolinggo sangat damai, masyarakatnya menerima dengan baik tanpa ada perlakuan rasis atau membeda – bedakan.

“Masyarakat disini sangat ramah dan tidak membeda-bedakan. itu membuat kami bisa belajar dengan tenang dan nyaman.” Ujar Thomas

Di akhir kegiatan, Kapolres menyematkan pin Garuda di kerah seragam sekolah para siswa sebagai symbol bahwa mereka juga merupakan warga dari negara Indonesia. Kunjungan Kapolres tersebut sebagai langkah antisipasi terkait adanya kejadian aksi Unras oleh Mahasiswa Papua di Kota Malang beberapa hari lalu dan memberikan motivasi untuk menumbuhkan rasa Nasionalisme kepada siswa siswi asal Papua yang sedang belajar di wilayah Kota Probolinggo.

Post a Comment

0 Comments