Pemeliharaan Rumput Lapangan Dan Fasilitas SGM Kraksaan Capai Rp 192 Juta

KRAKSAAN – Out sourching pemeliharaan rumput lapangan dan fasilitas di dalam Stadion Gelora Merdeka (SGM) Kota Kraksaan untuk tahun 2019 menelan anggaran sebesar Rp 192.201.000. Anggaran ini bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran 2019.
Anggaran ratusan juga tersebut ini digunakan untuk kegiatan pemeliharaan rutin/berkala sarana dan prasarana olahraga di SGM Kraksaan selama 9 bulan mulai dari 4 April hingga 31 Desember 2019. Sebagai pelaksana dari kegiatan tersebut adalah CV Bintang Karya yang berlokasi di Jl. KH Abdurrahman Wahid Kraksaan Kabupaten Probolinggo.
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto melalui Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Teguh Kawiandoko mengungkapkan pemeliharaan rutin dan berkala rumput lapangan dan fasilitas ini dilakukan untuk SGM Kraksaan terlihat lebih rapi dan bersih.
“Pemeliharaan rumput lapangan dan fasilitas Stadion Gelora Merdeka Kraksaan diperlukan supaya tidak terkesan kumuh dan tidak terawat. Dalam pengerjaannya, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun oleh penyedia jasa. Setidaknya masyarakat bisa melihat sendiri bahwa rumput dan fasilitasnya terawat dengan baik,” katanya.
Teguh mengaku bahwa ke depan pihaknya sudah membuat sejumlah program bagaimana nantinya SGM Kraksaan ini menjadi pusat olahraga yang ada di Kabupaten Probolinggo. “Kami berencana akan membangun gedung-gedung disisi luar stadion untuk dijadikan sebagai sarana pusat pelatihan dari cabang olahraga. Sehingga kesannya menjadi satu dan tidak terpisah-pisah,” jelasnya.
Disamping itu terang Teguh, hal lain yang akan dilakukan adalah pembangunan tribun stadion agar penonton bisa leluasa menyaksikan setiap pertandingan. Karena target ke depan bisa menjadi tuan rumah untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur.
“Syarat untuk menjadi tuan rumah Porprov adalah tersedianya sarana prasarana olahraga yang memadai dan sesuai standart yang sudah ditetapkan. Oleh karena itu secara bertahap kami akan melakukan pembenahan di lingkungan Stadion Gelora Merdeka Kraksaan,” terangnya.
Demi meramaikan keberadaan SGM Kraksaan, Teguh juga akan membangun pusat oleh-oleh dengan memanfaatkan sisi keliling pagar stadion. Bangunan ini akan memanfaatkan di sisi bawah tribun penonton.
“Atasnya di bagian dalam bisa untuk tribun, sementara bawahnya menghadap ke luar untuk pusat oleh-oleh masyarakat. Nanti kami buat bedak-bedak menggunakan rolling door. Dengan demikian para pedagang bisa tertata dengan rapi dan tidak mengotori stadion,” tegasnya.
Teguh mengharapkan dengan adanya program pembenahan SGM Kraksaan ini nantinya masyarakat bisa memiliki stadion yang benar-benar representatif, lengkap, bersih, indah dan nyaman. “Paling tidak masyarakat akan bangga memiliki stadion yang bersih dan indah dengan fasilitas yang lengkap. Apalagi juga tersedia pusat oleh-oleh dan sarana pemusatan latihan olahraga,” pungkasnya. (wan)

Post a Comment

0 Comments